Divine Providence

Sabtu, 24 Agustus 2024
Divine Providence
Bacaan Alkitab : Kejadian 36 :1-8


Saudara, melalui perikop ini kita bisa mengetahui keadaan Esau di Kanaan. Keturunan Esau berkembang menjadi besar. Dia mengambil 3 orang istri dari bangsa Kanaan dan keturunan Ismail, serta memiliki 5 orang anak. Esau-pun memiliki banyak jenis hewan dan ternak serta harta benda lainnya.

Esau dan Yakub adalah anak-anak Ishak yang mendapat berkat untuk menjadi bangsa-bangsa yang besar. Sesuai dengan janji Allah kepada Abraham, sebagai “Bapa segala bangsa” nampak terlihat melalui kehidupan Esau dan Yakub yang dipelihara menjadi sebuah bangsa. Hal ini sesuai juga dengan nubuatan pada Ribka pada saat dia mengandung, “dua bangsa ada dalam kandunganmu”. Juga doa berkat Ishak bagi Esau yang mengatakan “Tetapi akan terjadi kelak, apabila engkau berusaha sungguh-sungguh, maka engkau akan melemparkan kuk itu dari tengkukmu” (Kej. 27:40)

Saudara, Allah setia pada janji-Nya. Dia akan menggenapi pada waktu-Nya dan dengan cara-Nya. Kita sering meragukan bagaimana janji Allah digenapi, karena realitas keadaan tidak memungkinkan. Harapan kita pada janji pemeliharaan Allah menjadi terbatas, karena pengelihatan kita yang terbatas. Dari pembacaan Firman Tuhan ini, kita bisa melihat bagaimana tangan Tuhan membuat segala rancangan-Nya bisa berjalan sesuai dengan rencana-Nya. Dan rencana Dia tentu selalu berujung kebaikan, terlebih bagi umat yang mengasihi-Nya.

Saudara, apakah saudara selama ini sedang berada dalam keadaan kuatir akan masa depan saudara? Apakah saudara dalam realitas yang kurang baik saat ini? Mari tetap percaya pada Tuhan dan kebaikan-Nya, dengan hidup dalam kekudusan dan ketaatan pada Firman Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)