Siasat Yakub Untuk Menemui Esau (5)

Rabu, 31 Juli 2024                       

Siasat Yakub Untuk Menemui Esau (5)

Bacaan Alkitab : Kejadian 32:13b-16

 

Saudara, ayat yang kita baca hari ini merupakan bagian dari rencana Yakub dalam memperbaiki hubungan dengan kakaknya, Esau. Setelah dia berdoa kepada Tuhan untuk meminta perlindungan dan bimbingan. Ia lalu mengatur hadiah yang akan diberikan pada Esau yaitu berbagai jenis ternak dalam jumlah besar. Hewan ternak yang akan diberikan berjumlah sekitar 550 ekor dan dibagi ke dalam beberapa kelompok. Kemudian hamba-hamba Yakub pergi untuk mengantarkan hadiah tersebut dalam beberapa pengiriman secara bertahap.

Usaha yang dilakukan Yakub dalam cerita ini menunjukkan bahwa dia rela berkorban demi kerukunan keluarganya. Meskipun awalnya dia takut bertemu dengan Esau tapi usahanya yang mengorbankan ratusan hewan ternak menunjukkan keinginannya yang kuat untuk berdamai dengan saudaranya. Kemudian, cara Yakub dalam mengatur pengiriman hadiah juga menunjukkan perhitungannya yang cermat. Hadiah tersebut tidak dikirimkan sekaligus tapi diatur dalam beberapa kelompok dan dikirimkan secara bertahap untuk menciptakan efek berkesinambungan. Dengan cara ini, Yakub tentu berharap ia dapat meluluhkan hati Esau dan mereka dapat berdamai.

Saudara, sikap Yakub yang mengupayakan perdamaian dengan saudaranya dapat menjadi contoh bagi kita saat ini. Terkadang kita perlu merelakan apa yang kita miliki demi mempertahankan kerukunan di dalam keluarga. Sikap ini tentu berbeda dengan fakta yang seringkali kita lihat saat ini di mana terjadi perpecahan keluarga karena lebih memilih untuk mempertahankan harta yang mereka miliki. Kemudian untuk menyelesaikan konflik dalam keluarga kita juga perlu membuat persiapan dan merencanakan langkah-langkah yang bijaksana. Sehingga masalah yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik dan hubungan antar anggota keluarga menjadi harmonis. Mari kita selalu meminta bimbingan dari Tuhan agar kita dapat menjadi berkat dalam keluarga.

Saudara, apakah saat ini saudara sedang mengalami konflik dalam keluarga? Jika iya, sudahkan berusaha menyelesaikannya? Jika belum. Maka mari datang kepada Allah dalam doa. Kiranya Allah menganugerahkan kepada saudara kemampuan untuk mengusahakan langkah-langkah yang bijaksana. Sehingga masalah yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik. Dan kiranya Roh Kudus membimbing saudara agar dapat membangun hubungan keluarga yang harmonis. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)