Yakub Merampas Berkat Esau Dengan Tipu Daya (8)

Sabtu, 8 Juni 2024
Yakub Merampas Berkat Esau Dengan Tipu Daya (8)
Bacaan Alkitab: Kejadian 27:35-40


Saudara bagian Firman Tuhan ini menceritakan tentang bagaimana respons Esau terhadap kecurangan yang dialaminya. Ia meratapi kecurangan yang telah dialaminya, namun meminta berkat lain dari Ishak yang mungkin masih bisa diberikan kepadanya. Namun Ishak menjelaskan bahwa ia sudah memberikan semua berkatnya kepada Yakub, bahwa ia telah mengangkat Yakub menjadi tuan atas Esau. Tapi menariknya di ayat 40, Ishak berkata bahwa meskipun demikian, jika Esau mau berusaha dengan sungguh-sungguh maka ia dapat melepaskan diri dari perhambaan Yakub.
Saudara dari kisah ini kita melihat bahwa Esau menyadari kehilangan berkat yang berharga dan menyesali kesalahan masa lalunya. Namun meskipun diberitahu bahwa hidupnya akan sulit, ia diberi harapan bahwa dengan bekerja keras ia bisa mengubah nasibnya. Ini mengajarkan kita untuk menghargai setiap kesempatan yang kita miliki saat ini dan tidak membiarkan penyesalan masa lalu menghambat masa depan kita. Dalam menghadapi kesulitan, kita harus berusaha dan tidak menyerah, percaya bahwa dengan ketekunan, kita dapat mematahkan segala beban dan mencapai perubahan positif dalam hidup kita. 
Saudara, kesempatan yang kita miliki saat ini mungkin tidak selalu ada. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin dan tidak menunda-nunda. Misalnya, dalam pendidikan atau karier, mengambil langkah-langkah proaktif untuk belajar dan berkembang dapat membawa perubahan positif di masa depan. Ketika menghadapi tantangan, kita harus tetap berjuang dan berdoa untuk menyerahkan usaha keras kita ke dalam tangan Tuhan serta percaya bahwa Tuhan akan memberkati pekerjaan kita. Amin 
Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Dalam menghadapi kesulitan atau tantangan, sejauh mana saya berjuang untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa dan meminta Roh Kudus agar memberikan kita kemampuan untuk selalu bekerja keras dan selalu memberikan yang terbaik di dalam hidup kita. Saudara, marilah kita selalu bekerja keras dan menyerahkan hasil kita kerja ke dalam tangan Tuhan. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)