Yakub Memperistri Lea dan Rahel (4)

Kamis, 20 Juni 2024

Yakub Memperistri Lea dan Rahel (4)

Bacaan Alkitab : Kej. 29: 16-20


            Dalam bagian ke-4 dalam kisah “Yakub Memperistri Lea dan Rahel” pada ay. 16-20 diceritakan tentang anak-anak perempuan Laban yaitu Lea dan Rahel. Dijelaskan bahwa Lea memiliki mata yang lembut, sedangkan Rahel adalah seorang yang elok sosoknya dan cantik parasnya (ay. 16-17). Hati Yakub mencintai Rahel sehingga memutuskan untuk bekerja selama 7 tahun kepada Laban untuk mendapatkan Rahel sebagai istrinya. Bagi Yakub, 7 tahun yang dilaluinya sambil bekerja hanya dianggap Yakub beberapa hari saja karena cintanya kepada Rahel (ay. 18-20).

            Saudara, sikap Yakub yang bekerja keras karena mencintai Rahel menunjukkan bahwa cinta kepada orang yang dikasihi dapat mendorong seseorang untuk rela berkorban dan bekerja keras. Bahkan, cinta akan membuat pekerjaan-pekerjaan yang sulit sebagai penggembala kambing domba menjadi mudah dilakukan serta waktu 7 tahun terasa seperti beberapa hari saja. Cinta dapat memberikan kekuatan serta motivasi bagi semua orang untuk melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya serta berjuang demi yang dikasihi dengan sungguh-sungguh. Seperti: cinta akan membuat orangtua berjuang untuk anak-anaknya; suami/istri rela berkorban demi pasangannya; anak-anak berkorban bagi orangtuanya yang sedang sakit; dll. Oleh karena itu mari evaluasi kembali hati kita saat ini, apakah cinta kasih masih menjadi pendorong bagi kita untuk melakukan segala sesuatu.

            Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah cinta masih menjadi dasar dari semua hal yang kita kerjakan? Jika cinta sudah mulai pudar bahkan padam maka berdoalah dan minta kepada Allah untuk kembali memenuhi hati kita dengan kasih yang tulus dan murni kepada orang-orang yang kita sayangi. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)