Yakub memperistri Lea dan Rahel (3)

Rabu, 19  Juni 2024                                       

Yakub memperistri Lea dan Rahel  (3)

Bacaan Alkitab : Kejadian 29:12-15



Saudara, bagian ketiga dalam perikop ini menceritakan bahwa Yakub memperkenalkan dirinya pada Rahel. Ia menjelaskan asal usulnya dan bagaimana hubungannya dengan keluarga Ribka. Rahel pun pulang ke rumah dan menceritakan hal tersebut kepada ayahnya, Laban. Laban yang mendengar hal ini kemudian menyambut Yakub dengan sukacita dan hangat. Ia berlari untuk bertemu Yakub, memeluknya, dan membawanya ke rumahnya. Setelah satu bulan, Laban menawarkan upah kepada Yakub untuk pekerjaannya. Rupanya selama tinggal di rumah pamannya, Yakub tidak bermalas-malasan. Meskipun dia tidak memiliki ternaknya sendiri tapi ia bekerja mengurus kambing domba milik Laban.

Saudara, ada beberapa pelajaran penting yang dapat kita pelajari dari kisah ini. Pertama, memperlakukan keluarga dengan baik. Sikap Laban yang menyambut dengan hangat kedatangan Yakub dan mengijinkan dia tinggal di rumahnya menunjukkan kasihnya terhadap keluarga. Kemudian upah yang dia tawarkan juga menunjukkan penghargaan dan rasa hormatnya pada kerja keras keluarganya. Kedua, bekerja keras. Meskipun Yakub tinggal di rumah keluarganya tapi ia tetap rajin bekerja. Itulah alasan mengapa setelah satu bulan tinggal di sana, ia diberikan upah untuk pekerjaannya.

Saudara, dalam cerita ini sikap Laban dan Yakub dapat menjadi contoh yang baik bagi kita sebagai orang percaya. Laban memberikan contoh bagaimana cara memperlakukan keluarga dengan hangat, penuh kasih dan penghormatan. Kemudian Yakub memberikan contoh ketekunan dan kerja keras di manapun kita berada. Marilah kita meneladani sikap dari Laban dan Yakub dalam kisah ini. Kiranya Roh Kudus menolong dan memampukan kita untuk menjadi berkat dan memuliakan Allah di mana pun kita berada.

Saudara, sudahkan saudara memperlakukan keluarga dengan hangat, penuh kasih dan penghormatan? Apakah saudara sudah bekerja keras dan tekun di manapun saudara berada? Jika belum melakukan hal-hal di atas. Maka mari datang pada Allah di dalam doa dan meminta anugerah dari-Nya. Kiranya saudara diberikan kemampuan untuk mengasihi dan menghormati keluarga yang Allah anugerahkan bagi saudara. Dan kiranya Roh Kudus memampukan saudara untuk bekerja keras dan tekun di manapun saudara berada. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)