Yakub lari dari Esau atas anjuran Ribka (3)

Rabu, 12  Juni 2024

Yakub lari dari Esau atas anjuran Ribka (3)

Bacaan : Kejadian 28:6-7



Saudara, bagian ketiga dalam perikop ini menceritakan bahwa Esau memperhatikan ayahnya memberkati dan mengutus Yakub untuk pergi ke Padan-Aram. Di sana ia harus mencari istri dari keluarga ibunya dan menghindari pernikahan campur dengan orang Kanaan (orang yang menyembah berhala). Yakub mendengarkan perintah ini dengan taat dan pergi sesuai dengan arahan orang tuanya.

Saudara, perintah Ishak dan Ribka yang tidak menginginkan Yakub untuk menikahi perempuan Kanaan memperlihatkan bahwa mereka berusaha menjaga kemurnian iman keluarga mereka. Sebagai orang tua mereka menginginkan anak-anaknya menikah dan hidup dalam iman pada Allah. Respons Yakub yang taat menunjukkan bahwa ia bukan hanya berbakti tapi karena ia juga mengerti kehendak Allah. Sebagai umat kepunyaan Allah, ia harus berusaha untuk terus menjaga kemurnian imannya. Salah satu caranya ialah menikah dengan orang yang sebangsa dengannya.

Saudara, sebagai orang percaya kita pun harus berusaha menjaga kemurnian iman selama hidup kita. Kadang kala Tuhan juga menolong kita melalui nasihat orang-orang di sekitar kita seperti orang tua. Oleh sebab itu, kita harus selalu meminta bimbingan Roh Kudus agar peka dan mengerti kehendak Allah. Kiranya Allah juga memberikan kita kekuatan untuk taat pada kehendak-Nya setiap hari.

Saudara, apakah selama ini saudara sudah berusaha menjaga kemurnian iman saudara? Jika belum dan saudara masih hidup sesuai keinginan sendiri. Maka mari datang pada Allah di dalam doa dan menyadari bahwa tindakan tersebut salah. Mari meminta Allah untuk membimbing saudara untuk peka dan mengerti kehendak Allah. Dan mari meminta bimbingan Roh Kudus agar saudara mampu taat seumur hidup saudara. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)