Yakub Lari dari Esau atas Anjuran Ribka (4)

Kamis, 13 Juni 2024

Yakub Lari dari Esau atas Anjuran Ribka (4)

Bacaan Alkitab : Kej. 28 : 8 – 9



            Saudara, setelah Esau melihat ketaatan Yakub terhadap perintah ayahnya untuk pergi ke Padan Aran mencari istri. (ay. 1-7). Maka Esau menyadari bahwa perempuan Kanaan, istri-istri yang dinikahinya “…tidak baik dalam pandangan Ishak, ayahnya.” (ay. 8b). Dan karena itu, Esau pergi kepada keluarga Ismael untuk mengambil Mahalat sebagai istrinya (ay. 9). Dalam bagian ke-4 dari kisah tentang “Yakub lari dari Esau atas anjuran Ribka” ini, kita dapat melihat tindakan Esau yang berusaha untuk  memperbaiki hubungan dengan Ishak, ayahnya. Esau menganggap bahwa mengambil Mahalat yang berasal dari keluarga Ismael merupakan solusi terbaik untuk memperbaiki hubungan dengan Ishak.

            Saudara bagian kisah Esau yang kita renungkan hari ini, mengingatkan kita tentang pentingnya memulihkan hubungan dengan keluarga kita. Ketika konflik atau perselisihan terjadi, sebaiknya jangan biarkan hal tersebut menjadi berlarut-larut. Sebab, dapat merusak hubungan bahkan memisahkan anggota-anggota keluarga. Karena itu, ketika konflik terjadi marilah kita mencari solusi terbaik untuk memulihkan situasi tersebut.

            Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, saat terjadi konflik dalam keluarga, apakah kita telah mengusahakan yang terbaik untuk memulihkan kondisi tersebut? Mari tetap bersandar pada hikmat Allah untuk menjaga keluarga kita. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)