Yakub lari dari Esau atas Anjuran Ribka (2)

Selasa, 11 Juni 2024
Yakub lari dari Esau atas Anjuran Ribka (2)
Bacaan Alkitab : Kejadian 28:1-5


Saudara melalui renungan hari ini, kita melihat Ishak memanggil Yakub lalu ia memberkati dan memberikan arahan kepada Yakub mengenai pemilihan istri bagi dirinya. Ishak memberikan perintah kepada Yakub agar ia pergi untuk mencari istri dari anak-anak Laban. Selain itu, Ishak juga memberkati Yakub agar berbuah banyak dan memperbanyak keturunannya sehingga menjadi sekumpulan bangsa-bangsa. Selesai diberkati, maka Yakub melakukan apa yang sudah dikatakan ayahnya dengan pergi untuk bertemu dengan Laban.
Saudara melalui kisah Ishak dan Yakub ini kita melihat bagaimana Ishak sebagai ayah, ia memberikan arahan untuk anaknya serta doa yang terbaik untuk Yakub. Ishak berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya dengan memberikan perintah dengan detail mengenai pemilihan istri untuk dirinya. Ishak memberikan arahan yang jelas kepada Yakub tentang pernikahan untuk memastikan bahwa dia menikahi seseorang yang seiman. Hal ini tetap dilakukan Ishak meskipun ia sebelumnya sudah di tipu. Dan atas semua yang telah dilakukan Ishak sebagai orang tua, maka kita melihat Yakub meresponi dengan sangat baik dan mengikuti apa yang telah orang tuanya katakan.

Saudara melalui renungan hari ini kita melihat, sebagai orang tua kita diingatkan agar dapat memberikan arahan dan doa yang terbaik kepada anak kita. Hal ini penting untuk kita lakukan sebagai tanggung jawab kita sebagai orang tua kepada anak. Kita perlu memastikan bahwa anak kita terus hidup dan bertumbuh dalam kebenaran Allah. Sedangkan jika kita sebagai anak maka kita harus meneladani sikap Yakub yang taat kepada orang tua. Marilah kita melakukan bagian kita masing-masing dengan benar. 
Saudara sebagai orang tua sudahkah kita memberikan arahan dan doa yang terbaik bagi anak kita? jika kita sebagai anak, apakah kita sudah tata kepada orang tua kita? Jika belum, maka marilah kita datang kepada Allah melalui doa. Marilah berdoa agar Allah memampukan kita untuk melakukan bagian kita masing-masing dengan benar. Sehingga kita dapat hidup sesuai dengan apa yang Firman ajarkan hari ini kepada kita. (DS)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)