Anak-anak Yakub (3)

Rabu, 26  Juni 2024                                       

Anak-anak Yakub (3)

Bacaan Alkitab : Kejadian 30:6-8


Saudara, bagian ketiga dalam perikop ini menceritakan bahwa melalui hambanya Bilha, Rachel mendapatkan dua orang anak. Rahel memberikan nama anak pertamanya Dan yang berarti “menghakimi”. Melalui anak ini, ia melihat bahwa Tuhan memperhatikan penderitaannya dan memberikan keadilan. Kemudian, anak keduanya diberikan nama Naftali yang berarti “pergumulan”. Melalui kelahiran anak keduanya, Rahel mengakui selama ini ia telah berjuang untuk mendapatkan cinta dan perhatian suaminya dan juga mendapatkan anak. Rahel melihat kelahiran Naftali sebagai kemenangan di dalam pergumulannya tersebut.

Melalui peristiwa kelahiran kedua anaknya, Rahel melihat campur tangan Allah dalam hidupnya untuk memberikan apa yang ia butuhkan. Ia bersyukur sebab Allah telah memberikan keadilan, mengangkat kesedihannya karena mandul dan memberikan kemenangan kepadanya. Meskipun kedua anak ini tidak lahir dari rahimnya sendiri tapi ia tetap melihat peristiwa ini sebagai cara Allah menjawab doa-doanya.

Saudara, cara Rahel menghadapi pergumulan hidupnya dapat menjadi contoh bagi orang percaya dalam menghadapi berbagai kesulitan hidup. Jika kita sedang berada dalam situasi sulit maka jangan biarkan situasi tersebut melunturkan iman kita pada Allah. Meskipun seolah-olah tidak ada jalan keluar tapi kita harus tetap percaya bahwa Allah dapat memakai berbagai cara. Kemudian kita juga harus mampu melihat berkat dan pertolongan Allah dalam setiap peristiwa yang terjadi. Mari kita meminta pertolongan Roh Kudus agar dapat menghadapi setiap kesulitan dengan sikap hati yang benar di hadapan Allah.

Saudara, bagaimanakah cara saudara dalam menghadapi kesulitan atau masalah hidup saudara? Apakah saudara tetap percaya pada Allah? Apakah saudara tetap mampu melihat berkat dan pertolongan Allah dalam semua kesulitan tersebut? Jika belum. Maka mari datang pada Allah di dalam doa dan meminta anugerah dari-Nya. Kiranya saudara diberikan kekuatan agar semua kesulitan itu tidak melunturkan iman saudara pada Allah. Dan kiranya Roh Kudus memampukan saudara untuk melihat berkat dan pertolongan Allah dalam setiap peristiwa yang terjadi. (MS)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)