Anak-anak Yakub (1)

Senin, 24 Juni 2024

Anak-anak Yakub (1)


Bacaan Alkitab:  Kejadian 29:31-35  



Dalam Kejadian 29:31-35 kita menemukan kisah Lea, istri Yakub, yang hidup dalam bayang-bayang “tidak dicintai” oleh suaminya. Namun, Tuhan melihat kesusahannya dan membuka kandungannya. Lea melahirkan anak pertamanya yaitu Ruben, dan ia berkata, "Sesungguhnya TUHAN telah memperhatikan kesusahanku." Ketika Lea melahirkan anak kedua yaitu Simeon, ia juga berkata, "Sesungguhnya TUHAN telah mendengar, bahwa aku tidak dicintai." Kisah ini menunjukkan bahwa Tuhan mendengar dan merespons doa dan  memahami penderitaan yang kita alami, terutama ketika kita merasa diabaikan atau tidak dicintai.

Lea kemudian melahirkan anak ketiga, Lewi, dan berharap bahwa suaminya akan lebih mencintainya. Namun, yang paling mengesankan adalah saat Lea melahirkan anak keempat, Yehuda. Dia berkata, "Sekali ini aku akan bersyukur kepada TUHAN." Lea menyadari bahwa berkat-berkat yang dia terima bukan hanya tanda Tuhan mendengar doa-doanya, tetapi juga alasan untuk memuji dan bersyukur kepada Tuhan. Ini mengajarkan kita bahwa meskipun tujuan doa kita mungkin tidak selalu terpenuhi sesuai harapan kita, Tuhan selalu mendengar dan memberi apa yang kita perlukan sesuai dengan rencana-Nya.

            Kisah Lea mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah Allah yang mendengar doa-doa kita. Ketika kita menghadapi kesulitan dan merasa sendirian, kita bisa yakin bahwa Tuhan mendengarkan setiap seruan kita. Dia memperhatikan penderitaan kita dan merespons dengan cara yang penuh kasih. Oleh karena itu, marilah kita terus datang kepada Tuhan dengan doa dan permohonan, percaya bahwa Dia mendengar dan peduli. Marilah kita juga belajar untuk selalu bersyukur dan memuji Tuhan, mengetahui bahwa setiap berkat yang kita terima adalah tanda dari kasih dan perhatian-Nya yang tak pernah gagal.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Apakah saat ini saudara sedang menghadapi masalah yang cukup mengganggu hidup saudara? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa dan meminta Roh Kudus agar memberikan saudara kemampuan untuk selalu menyadari pemeliharaan dan percaya bahwa Allah pasti akan menjawab doa-doa saudara. Saudara,  marilah kita selalu menyadari pemeliharaan dan penyertaan Allah atas hidup kita. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)

Abram di Mesir (1)

Yakub Merampas Berkat Esau dengan Tipu Daya (1)