Ribka menjadi Istri Ishak (8)

Rabu, 8 Mei 2024                                          

Ribka menjadi Istri Ishak (8)

Bacaan Alkitab : Kejadian 24:40-44



Saudara, bagian kedelapan dalam perikop ini berisi tentang lanjutan dari penjelasan Eliezer pada keluarga Ribka. Ini merupakan penjelasannya mengenai bagaimana ia bisa sampai ke rumah keluarga Ribka. Di sini Eliezer menjelaskan bahwa saat ia diutus oleh tuannya, Abraham meyakinkan dia bahwa Allah akan menyertainya dan membuat usahanya berhasil (ay. 40-41). Eliezer juga menjelaskan saat sampai di mata air, ia berdoa meminta bimbingan Allah melalui tanda agar dia dipertemukan dengan seorang gadis yang memberi ia dan unta-untanya minum (ay. 42-44).

Saudara, di dalam penjelasan Eliezer ini kita dapat melihat bahwa ia selalu mengakui kebaikan Allah. Ia mengakui bagaimana Allah membimbing dan menuntunnya dari awal perjalanan sampai ia tiba di rumah keluarga Ribka. Ia juga memberi tahu keluarga Ribka tentang pemeliharaan Allah yang menakjubkan dan saling bersesuaian selama ini. Eliezer menekankan bagaimana campur tangan Allah dalam melancarkan proses pencarian istri tersebut.

Saudara, melalui lanjutan dari penjelasan Eliezer pada keluarga Ribka dalam ayat-ayat bacaan hari ini kita dapat melihat bahwa Eliezer menyadari campur tangan Allah dalam hidupnya. Sikap Eliezer dapat menjadi contoh bagi orang percaya yaitu berusaha menyadari bimbingan dan tuntunan Allah setiap hari. Sebab segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita berada dalam kendali dan rencana Allah. Mari kita bersyukur sebab Allah selalu bersedia membimbing dan menuntun hidup kita setiap hari.

Saudara, apakah saudara menyadari bimbingan dan tuntunan Allah setiap hari? Jika tidak. Maka mari datang pada Allah dalam doa. Kiranya Roh Kudus memberikan saudara kemampuan untuk menyadari bahwa Allah tidak pernah meninggalkan saudara. Ia selalu menyertai, membimbing dan menuntun saudara setiap hari. Biarlah kesadaran tentang penyertaan Allah itu dapat membuat iman saudara pada Allah terus bertumbuh. (MS)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)