Ribka Menjadi Istri Ishak (4)

Jumat, 3 Mei 2024

Ribka Menjadi Istri Ishak (4)

Bacaan Alkitab : Kejadian 24: 16-21



            Allah mengatur pertemuan Eliezer dan Ribka dengan cara yang ajaib, sebab Ribka melakukan persis seperti petunjuk yang diminta Eliezer dalam doanya. Ribka melihat Eliezer dan menawarinya dan unta-untanya untuk minum, dan selama mengerjakannya Eliezer, “… memperhatikannya diam-diam...” (ay. 21). Dalam KJV, dituliskan, “…wondering at her held his peace..” berarti bahwa ketika Eliezer memperhatikan Ribka dengan diam-diam, ia diliputi rasa penasaran dan bertanya-tanya dalam hatinya apakah Ribka merupakan jawaban doanya atau bukan. Dan kemudian dengan sabar, ia menanti-nantikan untuk melihat apakah Tuhan membuat seluruh perjalanannya berhasil.

            Saudara melalui bagian perikop ini, kita dapat melihat sikap rendah hati Eliezer dalam menanti-nantikan jawaban doa yang Tuhan berikan kepadanya.  Berkaitan dengan apakah Ribka merupakan calon istri Ishak atau bukan. Dan meskipun Ribka bukan merupakan jawaban doanya, Eliezer akan tetap taat kepada apapun yang menjadi kehendak Tuhan. Melalui bagian ini, kita dapat kembali mengevaluasi bagaimana sikap kita saat menanti-nantikan jawaban doa. Mungkin saja dalam masa penantian tersebut, kita tetap berkeras dengan hal-hal yang kita anggap baik. Sehingga, ketika Tuhan menjawab doa yang berbeda dengan yang kita harapkan maka kita menjadi kecewa, mengeluh bahkan meninggalkan Tuhan. Dengan demikian pada saat kita menanti-nantikan jawaban doa, marilah kita membuka hati dan menerima setiap jawaban doa kita dengan rendah hati.

            Saudara, marilah kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kita telah membuka hati kepada Allah saat menanti-nantikan jawaban doa kita? Marilah kita membuka hati kita di hadapan-Nya dan menerima dengan rendah hati setiap jawaban doa kita dengan penuh ucapan syukur. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)