Ribka Menjadi Istri Ishak (2)

Rabu, 1 Mei 2024                      

Ribka Menjadi Istri Ishak (2)

Bacaan Alkitab : Kejadian 24:5-9




Saudara, bagian kedua dalam perikop ini menceritakan bahwa setelah Eliezer menerima perintah dari tuannya, Abraham. Ia kemudian bertanya apakah ia perlu membawa Ishak untuk pergi bersamanya karena mungkin saja perempuan itu tidak mau mengikuti dia ke Kanaan (ay. 5). Namun Abraham menyakinkan hambanya dengan berkata bahwa Allah akan mengutus malaikat-Nya berjalan di depan untuk membuat jalannya berhasil (ay. 6). Keyakinan kepada Allah ini didasarkan pada pengalamannya bersama Allah selama ini. Abraham ingat bahwa dulu Allah secara menakjubkan telah membawa dia keluar dari negeri asalnya. Ia juga ingat akan janji yang sudah dibuat dan diteguhkan lagi oleh Allah kepadanya bahwa tanah Kanaan akan diberikan pada keturunannya. Dari situlah ia menyimpulkan bahwa Allah akan merestui usahanya untuk menjodohkan anaknya tanpa perlu membawa Ishak kembali lagi ke negeri asalnya (ay. 7).

Saudara, keyakinan Abraham akan penyertaan Allah dalam usahanya untuk mencari istri bagi Ishak bukanlah tindakan berani tanpa alasan. Ia yakin bahwa Allah akan menyertai dan memberi keberhasilan sebab ia telah mengenal Allah melalui pengalamannya bersama Allah. Selama hidupnya Abraham beberapa kali telah mendengar Allah berfirman secara langsung, merasakan penyertaan Tuhan bahkan menerima bukti dari janji-janji Allah. Pengalaman-pengalaman ini cukup baginya untuk mengenal Allah dan sepenuhnya percaya pada penyertaan-Nya.

Saudara, pengalaman Abraham bersama Allah dalam ayat-ayat bacaan hari ini menjadi contoh bagi orang percaya saat ini. Sebagai orang percaya kita harus berusaha mengejar pengenalan dan pengalaman bersama Allah. Kiranya Roh Kudus memberikan kerinduan dan memberikan kemampuan pada kita untuk mengenal Allah melalui penyataan Diri-Nya di dalam Alkitab. Dan kiranya Roh Kudus membimbing kita untuk menyadari penyertaan Allah setiap hari. Sehingga pengalaman-pengalaman ini akan mendorong kita untuk selalu bergantung dan percaya sepenuhnya pada Allah.

Saudara, spakah pengenalan dan pengalaman saudara dengan Allah selama ini telah membuat saudara bergantung dan percaya sepenuhnya pada Allah? Jika belum. Maka mari datang pada Allah dalam doa. Kiranya Allah Roh Kudus menganugerahkan kerinduan bagi saudara untuk lebih mengenal Allah. Dan kiranya Roh Kudus membimbing saudara untuk memaknai dan menyadari penyertaan Allah dalam hidup saudara setiap hari. Biarlah pengalaman-pengalaman bersama Allah ini akan membuat saudara bergantung dan percaya sepenuhnya pada-Nya. (MS)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Ribka Menjadi Istri Ishak (5)