Sodom dan Gomora Dimusnahkan Lot Diselamatkan (3)

Senin, 1 April 2024

Sodom dan Gomora Dimusnahkan Lot Diselamatkan (3)

Bacaan Alkitab:  Kejadian 19:17-23


 

Pagi hari ini kita akan kembali melanjutkan pembacaan Alkitab kita yang sekarang terambil dari Kejadian 19:17-23. Saudara yang dikasihi Tuhan, pembacaan ini merupakan bagian dari kisah dimana Tuhan menghancurkan Sodom dan Gomora.  Namun sebelum menghukum Sodom dam Gomoro, malaikat Tuhan memerintahkan Lot  untuk keluar dari kota Sodom dan menyelamatkan diri ke lembah Yordan. Lot kemudian meminta izin untuk menyelamatkan diri ke kota Zoar

 Saudara, salah satu hal yang dapat kita pelajari dari teks ini adalah meskipun Tuhan dapat menunggu sampai Lot keluar barulah Tuhan menghancurkan kota Sodom dan Gomora. Hal ini berarti Lot tidak perlu mampir ke Zoar. Tapi Tuhan bermurah hati sehingga Ia mau mendengarkan Lot, dan  mengizinkan Lot untuk pergi ke Zoar. Beberapa penafsir menjelaskan bahwa berdasarkan jawaban malaikat Tuhan kepada Lot di ayat 21, yaitu bahwa malekat itu mengabulkan permintaan Lot dan tidak akan menghancurkan kota Zoar. Hal ini mengindikasikan bahwa pada awalnya Zoar adalah kota yang juga akan dihancurkan bersama dengan Sodom dan Gomora, namun karena permintaan Lot maka Tuhan tidak menghancurkan kota itu.

Saudara, di sini kita melihat kebaikan Tuhan atas Lot dan keluarganya. Meskipun mereka hanyalah satu keluar di kota Sodom, namun Tuhan tetap datang untuk menyelamatkan mereka. Bahkan ketika  Lot dan keluarganya hendak tinggal di Zoar, Tuhan kemudian tidak jadi menghukum kota itu karena Lot dan keluarganya. Kita melihat meskipun Lot mengalami situasi yang tidak menyenangkan karena kota tempat dia dan keluarganya tinggal akan dihancurkan Tuhan. Namun, Tuhan tetap menjaga dan memelihara Lot dan keluarganya.

Saudara, hari ini kita belajar bahwa Allah kita adalah Allah yang Maha Kasih dan Maha Adil. Mungkin saudara saat ini sedang mengalami pengalaman yang sulit. Ini mungkin bukan karena kesalahan kita tapi kesalahan orang-orang di sekitar kita. Melalui Firman Tuhan ini, kita diingatkan bahwa Tuhan mendengar doa kita dan dia akan memelihara kita. Karena itu marilah kita terus berdoa dan berharap kepada Tuhan. Amin !!

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah sedang berada di dalam keadaan yang sulit namun bukan karena kesalahan saudara? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa dan memohon kepada Allah untuk memberikan saudara kemampuan untuk dapat tetap percaya kepada Allah, bahwa Allah pasti akan menolong saudara. (WN)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup