Keturunan Nahor

Rabu, 24 April 2024                                  

Keturunan Nahor

Bacaan Alkitab : Kejadian 22:20-24


 

Saudara, bagian terakhir dalam pasal 22 diakhiri dengan penjelasan mengenai silsilah dari keluarga Nahor. Nahor adalah satu-satunya saudara laki-laki Abraham yang masih hidup dan ia menetap di Haran. Ia telah memiliki 12 orang anak laki-laki. 8 orang anak di antaranya dilahirkan oleh istrinya yaitu Milkha dan 4 orang anak dilahirkan oleh gundiknya, Reuma. Kemudian, dijelaskan juga bahwa salah satu anak Nahor yakni Betuel telah memiliki anak bernama Ribka (ay. 23).

Saudara, silsilah mengenai keluarga Nahor dituliskan oleh Musa di sini sebagai dasar untuk menjelaskan asal usul dari pasangan Ishak di masa depan (Kej. 24). Abraham menyadari bahwa ia dan keturunannya telah mengikat perjanjian dengan Allah. Allah pun telah berjanji bahwa keturunannya akan menjadi bangsa yang besar dan menjadi berkat bagi semua orang (Kej. 22:17-18). Oleh sebab itu, ia memastikan bahwa anaknya, Ishak mendapatkan pasangan yang dapat meneruskan garis keturunan perjanjian ini. Karena alasan inilah maka penjelasan mengenai keluarga Nahor adalah hal yang penting dalam pasal ini.

Saudara, penjelasan mengenai keturunan Nahor dalam perikop ini berkaitan dengan pemilihan Ribka sebagai pasangan Ishak, bapak leluhur Israel. Alkitab menunjukkan bahwa pemilihan Ribka sebagai penerus keturunan Abraham membuktikan kesetiaan Allah dalam menjaga janji-Nya. Kesetiaan Allah ini juga tetap sama sampai sekarang sebab Ia adalah Pribadi yang tidak pernah berubah. Inilah alasan mengapa orang percaya tidak perlu ragu terhadap Allah dan semua janji-Nya. Mari bersyukur sebab Allah yang kita sembah dan percaya ialah Allah yang tidak berubah sampai selama-lamanya.

Saudara, Pribadi Allah seperti apakah yang saudara kenal selama ini? Sudahkan saudara mengenal Allah sebagai Pribadi yang tidak berubah dalam segala sifat dan keberadaan-Nya? Jika belum. Maka mari datang pada Allah dalam doa. Kiranya Roh Kudus memberikan saudara kerinduan untuk mengenal Allah dengan lebih dalam. Sehingga, pengenalan itu akan semakin menumbuhkan iman saudara pada Allah. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup