Iman Abraham Diuji (2)

Sabtu, 20 April 2024

Iman Abraham diuji (2)


Bacaan Alkitab:  Kejadian 22:4-8



Shalom, selamat pagi saudara yang dikasihi Tuhan. Pagi hari ini kita akan kembali melanjutkan pembacaan Alkitab kita, yang sekarang terambil dari Kejadian 22:4-8. Saudara ayat-ayat ini merupakan bagian kedua dari kisah tentang Abraham mempersembahkan Ishak. Dijelaskan di sana bahwa setalah Abraham mendapat perintah dari Tuhan bahwa ia harus mempersembahkan Ishak kepada Allah, maka keesokan paginya Abraham mempersiapkan segala sesuatu dan segera berangkat bersama Ishak dan kedua hambanya. Saudara, kemungkinan ia tidak menceritakan bahwa ia akan mempersembahkan Ishak kepada Sara. Karena jika ia mengatakan demikian, maka tentu Sara akan menghalangi Abraham.

Saudara, tiga hari kemudian setelah ia melihat tempat itu maka ia menyuruh para hambanya untuk tinggal.  Ada kemungkinan ia menyuruh hambanya untuk tinggal supaya tidak menghalangi dia ketika ia akan mempersembahkan Ishak. Namun di tengah perjalanan Ishak kemudian bertanya kepada Abraham,  tentang korban apakah yang akan mereka persembahkan kepada Allah. Saudara pertanyaan Ishak ini tentu merupakan pertanyaan yang menusuk hati Abraham. Sebagai orang tua, menjawab pertanyaan ini bukan merupakan hal yang mudah. Tapi dengan tenang Abraham menjawab bahwa Allah yang akan menyediakan. Saudara apa yang dikatakan Allah ini merupakan Ekspresi dari Imannya kepada Allah. Abraham percaya bahwa apa pun yang akan Ia persembahkan kepada Allah adalah milik Allah termasuk juga Ishak. Kebenaran ini mengajarkan kita bahwa segala sesuatu yang kita miliki dan yang kita persembahkan kepada Allah adalah milik Allah.

Saudara, renungan pagi ini mengajarkan kita satu prinsip tentang memberikan persembahan kepada Tuhan. ingatlah bahwa segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Tuhan. jika hari ini kita memberikan persembahan kita kepada Allah dalam bentuk apa pun, ini bukan hanya berkaitan dengan uang tapi juga waktu kita dan tenaga kita yang kita persembahkan melalui pelayanan kita kepada Tuhan. ingatlah semua itu bukan miliki kita, tapi berasal dari Tuhan. persembahan kita berikan kepada Tuhan tidak akan menambah sesuatu kepada Allah, atau membuat Allah mjd lebih kaya dari sebelumnya. Sebaliknya persembahan yang kita berikan kepada Allah justru membantu kita untuk mengingat bahwa semua yang kita miliki berasal dari Allah. dan persembahan yang kita berikan kepada Allah tidak lebih dari ucapan syukur kepada Allah. 

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah pada saat saudara memberikan persembahan kepada Allah saudara sudah menyadari bahwa persembahan itu sebenarnya berasal dari Allah? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoa meminta Allah memberikan kita kemampuan untuk dapat menyadari bahwa ketika kita memberikan persembahan kepada Allah, Pada dasarnya kita sedang mengembalikan apa yang menjadi milik Allah. Saudara,  hendaklah kita selalu memberikan persembahan yang terbaik bagi Allah.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup