Abraham, Sara dan Abimelekh (3)

Senin, 8 April 2024

Abraham, Sara dan Abimelekh (3)

Bacaan Alkitab:  Kejadian 20 : 14 - 18



Setelah Abimelekh menegur Abraham karena berbohong kepada kepadanya tentang Sara, maka Abimelekh mengambil kambing domba dan lembu serta budak laki-laki dan perempuan dan memberikannya kepada Abraham. Selain itu Abimelekh juga mengizinkan Abraham tinggal di negeri ini. Abraham kemudian berdoa kepada Allah, lalu Allah memberkati Abimelekh sehingga semua perempuan di istana, baik istri Abimelekh dan semua perempuan di istana mereka pun dapat mengandung. Sebab sebelumnya Allah telah menutupi kandungan seluruh perempuan di istana Abimelekh karena Sara.

Saudara yang dikasihi Tuhan, berdasarkan kisah ini kita melihat bagaimana kemurahan hati dari Abimelek kepada Abraham.  Setelah ia mengetahui bahwa Allah menyertai Abraham maka Abimelekh kemudian memberikan berbagai harta kepada Abraham dan mengizinkan Abraham untuk tinggal di daerah kekuasaannya.  Kemurahan hati dari Abimelkeh ini menunjukkan penyertaan Tuhan terhadap Abraham. Meskipun Abraham berada di negeri asing, tapi penyertaan Tuhan tidak hanya ditunjukkan dengan cara mencukupkan kebutuhan kita, atau melindungi kita dari orang-orang yang jahat. Penyertaan Tuhan juga diberikan kepada melalui mempertemukan kita dengan orang-orang yang baik khususnya orang-orang yang takut akan Allah.

Saudara, salah satu hal yang dapat kita pelajari hari ini adalah bahwa Allah memiliki berbagai cara untuk dapat merawat kehidupan kita. Ia mencukupi berbagai kebutuhan kita, memberikan kita ketenangan, memberkati kita dengan kesehatan, serta mempertemukan kita dengan orang-orang yang mengasihi Dia. Karena itu, kita harus tetap percaya kepada Allah bahwa ia akan merawat kehidupan kita. Selain itu kita pun harus menjadi orang yang murah hati, sehingga kita dapat menjadi berkat bagi sesama kita. Sama seperti Abimelekh yang menjadi berkat Allah bagi Abraham dan keluarganya, demikian juga kita menjadi berkat Tuhan bagi orang di sekitar kita.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah hidup saudara  menjadi berkat bagi yang sesama? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoalah meminta Roh Kudus memberikan kita kemampuan untuk dapat menjadi berkat bagi sesama. Saudara,  hendaklah kita menjadi berkat bagi sesama. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup