Abraham mengusir Hagar & Ismael (2)

Jumat, 12 April 2024

Abraham Mengusir Hagar & Ismael (2)

Bacaan Alkitab : Kejadian 21: 12 – 13

            Abraham menjadi kesal karena Sara meminta Ismael dan Hagar, ibunya diusir. Hal ini disebabkan Abraham menyayangi Ismael yang merupakan darah dagingnya. Allah memahami pergumulan Abraham berkaitan dengan permintaan Sara untuk mengusir Ismael. Ketika Abraham membawa permasalahan ini kepada Allah, Ia ternyata menyetujui permintaan Sara untuk mengusir Ismael. Dengan tujuan untuk menegaskan bahwa melalui Ishak janji berkat Allah bagi Abraham akan digenapi. Meskipun demikian agar Abraham tidak menjadi khawatir, Allah memberkati Ismael bahkan menjadikannya bangsa yang besar (ay.12-13).

            Saudara, melalui bagian ke-2 dari kisah tentang, “Abraham mengusir Hagar & Ismael” kita dapat melihat bahwa Allah menggunakan setiap situasi dalam kehidupan untuk mencapai tujuan-Nya. Dalam kisah ini, Allah menggunakan permasalahan keluarga Abraham serta konflik yang terjadi didalamnya untuk mencapai tujuan-Nya berkaitan dengan janji-Nya pada Abraham. Hal ini tidak berarti Allah setuju dengan konflik, perselisihan atau dosa lainnya tetapi di dalam dunia yang telah jatuh dalam dosa, seharusnya kita tidak menjadi ragu akan kedaulatan Allah atas setiap peristiwa dalam kehidupan kita. Bahkan ketika Allah mengizinkan penderitaan terjadi dalam kehidupan kita, maka artinya Ia dapat menggunakannya untuk memulihkan, menyembuhkan atau melimpahkan kita dengan berkat-berkat Allah lainnya. Dengan demikian, mari tetap bersyukur atas kehidupan dengan segala tantangannya yang kita jalani saat ini. Sehingga, kita tetap dapat melihat berkat Allah yang tersedia melalui situasi-situasi tersebut.

            Saudara, mari merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, sudahkah kita mensyukuri setiap situasi yang terjadi dalam kehidupan kita? Mari bersyukur dan nantikanlah berkat-berkat-Nya yang telah Ia sediakan bagi kita. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup