Peneguhan Janji Keturunan kepada Abraham dan Sara (2)

Senin, 18 Maret 2024

Peneguhan Janji Keturunan kepada Abraham dan Sara (2)


Bacaan Alkitab:  Kejadian 18 : 9 – 15



Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam pembacaan ini, kita melihat bagaimana Allah datang mengunjungi Abraham untuk menegaskan kembali janji-Nya kepada Abraham. Tuhan berkata bahwa Ia akan kembali menemui Abraham tahun depan dan pada saat itulah mereka mempunyai anak laki-laki. Mendengar hal itu Sara tidak percaya, karena kondisi mereka yang sudah tua. Sehingga tidak lagi memungkinkan untuk mempunyai anak.  Namun Tuhan menegaskan bahwa apa yang mustahil bagi manusia tidak mustahil bagi Allah.

Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam ayat-ayat ini kita dapat mempelajari salah satu hal penting yaitu dasar untuk dapat percaya kepada Tuhan. Saudara di dalam Kejadian         18 : 14, kita menyaksikan kebesaran Allah yang tak terbatas. Malaikat Allah menyatakan bahwa tidak ada yang mustahil untuk Tuhan. Pernyataan ini memberikan gambaran tentang kekuasaan dan kemampuan Allah untuk melakukan segala sesuatu. Ketika Allah berjanji maka tidak ada satu pun penghalang yang dapat menahan  keinginan Allah untuk melakukan kehendak-Nya. Persoalannya manusia seringkali mengukur janji Allah dengan potensi yang dia miliki. Abraham secara biologis tidak lagi memiliki potensi untuk menggenapi janji Allah yaitu memiliki anak. Tapi kondisi Abraham tidak menjadi penghalang bagi Tuhan untuk dapat melakukan janji-Nya.

Saudara di dalam hidup kita, seringkali kita menghadapi berbagai masalah. Baik masalah yang berkaitan dengan ekonomi, relasi, kesehatan dan lain sebagainya. Seringkali kita melihat bahwa masalah ini terlalu berat sehingga tidak ada jalan untuk menyelesaikannya. Tapi hari ini kita melihat bahwa Tuhan dapat melakukan berbagai hal yang secara akal kita, mustahil untuk dilakukan. Karena itulah kita harus tetap percaya dan berharap kepada Allah. Amin.


    Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saat ini saudara juga menghadapi berbagai situasi atau masalah yang sepertinya mustahil untuk diselesaikan? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk berdoalah meminta Roh Kudus memberikan kita kemampuan untuk percaya bahwa Allah dan memiliki harapan kepada Allah! Saudara,  Marilah kita selalu berharap kepada Allah. (WN) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup