Kunjungan Kedua Malaikat dan Kejahatan Orang Sodom (2)

Rabu, 27 Maret 2024                                       

Kunjungan Kedua Malaikat dan Kejahatan Orang Sodom (2)

Bacaan Alkitab: Kejadian 19:6-11


Saudara, ayat-ayat yang kita baca merupakan bagian dari kisah tentang pertemuan Lot dengan dua malaikat yang datang ke kota Sodom. Kedatangan ini rupanya diketahui oleh orang Sodom sehingga mereka mengepung rumah Lot karena ingin membawa kedua malaikat tersebut. Di tengah kekacauan itu, Lot berusaha untuk menyelesaikan masalah dengan menawarkan anak perempuannya sebagai gantinya. Tapi orang Sodom menolak dan marah mendengar tawaran tersebut. Kemudian, malaikat-malaikat itu melindungi Lot dengan mengulurkan tangan dan menariknya kembali ke rumah. Malaikat itu juga membutakan mata mereka semua sehingga tidak dapat menemukan pintu rumah Lot.

Saudara, dalam kebudayaan Timur saat itu tindakan Lot yang menawarkan anak perempuannya dapat dilihat sebagai bentuk keramahan dan kewajibannya untuk menjaga tamu. Namun di sisi lain tindakan Lot tidak pantas dilakukan. Beberapa penafsir bahkan melihat bahwa tindakan Lot menunjukkan kelemahan karakternya. Ia berupaya melindungi tamunya dan mencegah hal berbahaya terjadi dengan melakukan dosa. Tindakan Lot dinilai salah karena meskipun ia memiliki motivasi yang baik tapi cara yang ia lakukan bertentangan dengan kebenaran. Pertolongan dari malaikat menunjukkan bahwa melakukan tindakan berdosa demi mendapatkan kebaikan adalah tindakan yang tidak berkenan di hadapan Allah.

Saudara, dalam iman Kristen suatu tindakan dinilai benar jika dilakukan dengan motivasi, cara dan tujuan yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Hal-hal seperti ini, seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya demi mencukupi kebutuhan keluarga ada orang percaya yang melakukan korupsi atau menipu orang lain. Tindakan seperti ini salah karena cara yang dilakukan tidak sesuai dengan kebenaran Firman. Mari kita meminta bimbingan Roh Kudus agar semua tindakan kita didasari oleh motivasi yang murni dan dilakukan dengan cara dan tujuan yang benar sesuai dengan Firman Tuhan.

Saudara mari renungkan, apakah tindakan kita selama ini sudah didasari oleh motivasi yang murni dan dilakukan dengan cara dan tujuan yang benar sesuai dengan Firman Tuhan? Jika belum, maka mari berdoa dan meminta ampun pada Allah. Kiranya Allah memampukan kita untuk menyadari bahwa tindakan kita harus didasari oleh motivasi yang murni dan dilakukan dengan cara dan tujuan yang benar sesuai dengan Firman Tuhan. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup