Pertemuan Abram dengan Raja Sodom dan Melkisedek (1)

Rabu, 28 Februari 2024                                          
Pertemuan Abram dengan Raja Sodom dan Melkisedek (1)
Bacaan Alkitab : Kejadian 14:17-20


Saudara, bagian pertama dalam perikop ini menceritakan Raja Sodom dan Raja Salem yang mengadakan pesta penyambutan untuk kemenangan Abram atas Kedorlaomer. Pesta perayaan ini diadakan di sebuah tempat yang dinama Lembah Raja atau Lembah Shaveh. Kemudian Raja Salem yaitu Melkisedek membawa roti dan anggur untuk Abram dan para prajuritnya sekaligus sebagai ucapan selamat. Lalu sebagai imam, Melkisedek juga memberkati Abram dan mengucap syukur atas anugerah Allah untuknya (Ibr. 7:1; 5:10). Kemudian Abram pun memberikan sepersepuluh dari harta yang ia dapatkan (ay. 20). Tindakan ini menunjukkan rasa syukur Abram kepada Allah yang diserahkan melalui Melkisedek sebagai imam Allah.


        Saudara, di dalam kisah ini kita melihat bahwa Abram dan
Melkisedek menyadari jika kemenangan mereka di medan perang merupakan hasil campur tangan Allah. Setelah menerima pertolongan Tuhan ini, Abram mengungkapkan syukurnya dengan tindakan khusus yaitu memberikan perpuluhan. Persembahan ini menunjukkan sikap hati Abram yang mengakui bahwa keberhasilannya ialah karena pernyertaan Allah.


        Saudara, sikap hati Abram dan Melkisedek menjadi teladan bagi kita sebagai orang percaya. Semua pencapaian dan keberhasilan kita bukan semata-mata hasil dari kerja keras kita sendiri. Tapi merupakan kombinasi dari kerja keras kita yang diberkati oleh Allah. Mari kita selalu menyadari bahwa semua harta yang kita miliki adalah pemberian Allah. Kesadaran ini akan membuat kita bersukacita saat memberikan persembahan atau pun perpuluhan untuk Allah. Sebab apa yang kita berikan tidak sebanding dengan berkat-berkat yang Tuhan limpahkan dalam kehidupan kita.
Saudara, pernahkan saudara bersungut-sungut atau merasa rugi saat memberikan persembahan atau perpuluhan untuk Tuhan? Jika pernah. Maka mintalah Tuhan membimbing saudara untuk menyadari bahwa semua yang saudara miliki adalah anugerah dari Tuhan dan bukan milik saudara sendiri. Dan mari meminta Roh Kudus menolong saudara untuk selalu bersyukur atas anugerah Tuhan. (MS)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup