Abram Mengalahkan Raja-raja di Timur dan Menolong Lot (2)

Selasa, 27 Februari 2024
Abram Mengalahkan Raja-raja di Timur dan Menolong Lot (2)
Bacaan Alkitab : Kejadian 14:11-16


Saudara dalam bacaan hari ini, kita melihat sikap Abram ketika mengetahui keponakannya (Lot) sedang mengalami sebuah kesulitan. Pada saat itu ada pencuri yang merampas segala harta benda dan juga membawa Lot pergi. Lalu ada seseorang yang berhasil kabur dari pencuri tersebut dan lari menuju tempat kediaman Abram. Sesampainya di sana, orang tersebut menceritakan hal yang terjadi kepada Abram. Mendengar apa yang terjadi maka Abram langsung mempersiapkan pasukan untuk mengejar pencuri tersebut dan menyelamatkan Lot beserta yang lain.

        Saudara dalam kisah dalam renungan hari ini, kita melihat bagaimana Abram menunjukkan kasihnya kepada Lot. Meskipun dalam perikop sebelumnya kita melihat bagaimana Abram dan Lot berpisah agar tidak ada pertengkaran di antara mereka dan pekerja-pekerja mereka. Namun kita melihat dalam bagian ini, kasih yang sungguh-sungguh diberikan Abram kepada Lot. Ia dengan segera melakukan sebuah tindakan agar dapat menyelamatkan Lot dan semua yang dicuri oleh para pencuri tersebut.

        Saudara melalui renungan hari ini kita melihat, bagaimana sikap yang patut kita contoh ketika melihat atau mendengar ada kesusahan yang sedang dialami oleh orang lain. Ketika kita mengetahui ada kesusahan yang sedang dialami orang lain, maka seharusnya kita menolong sesuai dengan apa yang bisa kita lakukan. Agar melalui apa yang kita lakukan tersebut dapat menolong bahkan meringankan kesusahan yang sedang dialami orang tersebut. Sebagai orang percaya, ketika kita mengetahui ada orang yang sedang mengalami kesusahan maka seharusnya  kita menolong orang tersebut. Marilah menolong orang yang sedang mengalami kesusahan

Saudara, ketika kita mendengar atau mengetahui ada orang yang sedang mengalami kesusahan bagaimana respon kita? Apakah kita menolongnya? Jika selama ini ketika mengetahui ada orang yang sedang mengalami kesusahan, lalu respon kita adalah tidak menolong. Maka marilah datang kepada Allah melalui doa, berdoalah agar Allah memberikan kepada kita kepekaan dan kerendahan hati untuk mau menolong orang lain yang sedang mengalami kesusahan. (DS)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup