Abram dan Lot Berpisah (4)

Sabtu, 24 Februari 2024

Abram dan Lot Berpisah (4)


Bacaan Alkitab:  Kejadian 13 : 14 - 18



Saudara di dalam ayat-ayat sebelumnya kita melihat bahwa ada perselisihan antara para gembala Lot dan para gembala Abraham. Agar perselisihan itu dapat diakhiri, Abraham dan Lot akhirnya membuat kesepakatan untuk membagi wilayah mereka. Lot memilih Lembah Yordan karena ia melihat bahwa lembah itu merupakan lembah yang lebih subur di tanah Kanaan. Setelah Lot berpisah dari Abraham maka Allah kemudian menampakkan diri dan berfirman kepada Abraham. Allah mengulang janjiNya bahwa Ia akan memberkati keturunan Abraham dan sekaligus memberikan tanah ini kepada keturunan Abraham.

Saudara dari ayat-ayat ini, kita pelajari bahwa Abraham adalah orang yang mengasihi Lot keponakannya dan juga orang yang rendah hati. Abraham merendahkan hati untuk menjaga kerukunan akan  keluarganya. Dan perhatikanlah bagaimana Allah membalas kerendahan hati Abraham itu dengan  cara memberkati Dia. Beberapa penafsir menceritakan bahwa Allah mengulang janji tentang keturunannya karena Allah melihat bahwa Abraham merasa kehilangan setelah perpisahannya dengan Lot. Hal ini mengingat Lot adalah satu-satunya keluarganya yang ikut bersama Abraham dalam perjalanan itu. Inilah yang membuat Allah kemudian mengulang kembali janji-Nya kepada Abraham mengenai keluarganya untuk menghibur Abram yang sedang merasa kehilangan.

Saudara yang dikasihi Tuhan dari renungan hari ini kita belajar bahwa ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan Allah maka Allah akan memberikan kita penghiburan kepada kita, khususnya pada saat kita sedang menghadapi tantangan hidup. Saudara saya pernah membaca buku tentang kesaksian seorang penulis hymne Kristen yang Bernama Fanny Crosby. Fanny adalah telah mengalami kebutaan sejak kecil, lalu ketika ditanya tentang apakah yang membuat masih bersyukur dengan keadaan matanya yang buta. Fanny menjelaskan bahwa dengan mata yang buta, maka Tuhan telah membuat pendengarannya menjadi tajam,  sehingga ia bisa mengenali nada-nada dengan baik dan dapat menyusunya sehingga menjadi sebuah lagu. Lagu-lagu tersebut kemudian dapat menjadi berkat bagi banyak orang.  Saudara, ketika kita memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan, maka ia akan mengaruniakan kita penghiburan  dan kekuatan supaya kita dapat melewati tantangan tersebut. Amin.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara saat ini sedang menghadapi berbagai tantangan hidup?    Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoa meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus supaya ia dapat memberikan kita penghiburan dan ketenangan dalam menghadapi berbagai tantangan tersebut. Saudara,  hendaklah kita selalu percaya kepada rencana Allah atas hidup kita. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup