Abram dan Lot Berpisah (1)

Rabu, 21 Februari 2024                                         

Abram dan Lot Berpisah (1)

Bacaan Alkitab : Kejadian 13 : 1  4




 

Saudara, dalam bagian pertama di perikop ini dijelaskan bahwa Abraham kembali dari Mesir dan menuju ke selatan Kanaan. Abraham bersama istrinya dan Lot kembali dengan selamat karena perlindungan Tuhan. Mereka melakukan perjalanan yang cukup jauh dan berulang kali membongkar kemahnya. Sampai akhirnya berhenti di sekitar Betel dan Ai. Dulu di tempat ini Abraham pernah tinggal dan membangun mezbah untuk Tuhan. Kedatangannya kali ini, bukan hanya karena ia ingin membangun kembali kemahnya atau untuk mengunjungi teman-teman lamanya. Meskipun mezbahnya saat itu sudah tidak ada dan tidak dapat mempersembahkan korban tapi ia memanggil nama Tuhan di sana. Frasa ini menyiratkan sebuah tata ibadah tertentu yang melibatkan tindakan pengucapan syukur pada Tuhan seperti yang disebutkan dalam ayat-ayat lain dalam kitab Kejadian (Kej. 12:8; 21:33; 26:25).

Saudara, kembalinya Abraham ke Betel dan berdoa di sana kemungkinan besar mengingatkannya kembali pada persekutuannya dengan Tuhan di tempat tersebut. Ingatan akan indahnya persekutuan dengan Tuhan tersebut membangkitkan imannya kembali. Jika sebelumnya di Mesir ia ragu pada janji Tuhan sehingga berbohong tentang istrinya (Kej. 12: 10-20). Maka kedatangannya ke Betel mengingatkannya lagi pada janji penyertaan Tuhan dan ia mengucap syukur di sana.

Saudara, sebagai orang percaya terkadang kita juga mengalami dan merasakan hal-hal seperti ini. Kita harus terus menerus mengingatkan diri sendiri akan janji penyertaan Tuhan dalam hidup kita. Baik itu melalui tempat atau kesempatan tertentu. Tempat-tempat tersebut contohnya gereja atau ruang doa di rumah atau saat teduh. Tempat atau kesempatan ini dapat mengembalikan ingatan kita akan bukti-bukti penyertaan Tuhan dan indahnya persekutuan dengan-Nya. Mari kita selalu mengingatkan diri kita untuk membangun persekutuan dengan Tuhan.

Mari ingat kembali, adakah tempat atau waktu-waktu tertentu di mana saudara biasanya bersekutu dengan Tuhan? Mari meminta Roh Kudus untuk memberikan saudara kerinduan untuk membangun persekutuan dengan Allah, bukan hanya di tempat-tempat tersebut tapi juga di manapun saudara berada. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup