Abraham Mengalahkan Raja-Raja Timur Dan Menolong Lot (1)

Senin, 26 Februari 2024
Abraham Mengalahkan Raja-Raja Timur Dan Menolong Lot (1)
Bacaan Alkitab:  Kejadian 14 : 1 - 10




Di dalam ayat yang baru dibaca, kita melihat peperangan pertama yang tercatat di Alkitab. Peperangan ini  terjadi antara empat raja yang tinggal di dekat daerah Sodom. Dua dari raja-raja itu adalah Sinear dan Elam yang merupakan orang Kasdim dan Persia. Beberapa penafsir menjelaskan bahwa  keempat raja tersebut kemungkinan adalah perwira-perwira raja yang diberi kuasa oleh seorang raja Tunggal. Keempat raja ini kemudian menyerang lima raja yang lain yaitu raja Sodom, Gomora, Adma, Zeboim dan Zoar.  Kelima raja yang diserang ini juga merupakan daerah jajahan yang berada di bawah pemerintahan Kedolaomer.  Mereka memberontak terhadap Kedolaomer karena sudah dua belas tahun mereka ada di bawah penindasan Kedolaomer. Hal ini, karena penindasan itu membuat mereka tidak bisa menikmati hasil tanah mereka sendiri.

Saudara, ayat-ayat ini bukan hanya berbicara tentang latar belakang penawanan Lot oleh raja-raja dari Timur. Tapi juga berbicara tentang geopolik dari kekuatan-kekuatan yang coba untuk menguasi sumber daya alam di wilayah tersebut. Saudara yang dikasihi Tuhan, Lot memilih tempat yang subur yaitu di daerah Sodom, Alkitab memberikan komentar yang serius tentang karakter orang-orang Sodom. Alkitab menjelaskan di pasal 13:13 dikatakan bahwa “orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap Tuhan”. Lot lebih memilih tanah yang subur dan berkomunitas dengan orang-orang jahat, ketimbang dengan Abraham. Akibatnya kejahatan mereka pun berdampak kepada Lot. Orang-orang Sodom adalah orang-orang yang terjajah, tapi mereka pun bukan orang baik. Di sini kita melihat pentingnya komunitas atau orang-orang sekitar kita yang membentuk hidup kita. Komunitas ini membentuk hidup kita dan komunitas ini pun memberikan dampak bagi hidup kita.

Renungan pagi hari ini mengajarkan kita tentang bagaimana kita memilih komunitas kita. Komunitas  yang baik akan memberi dampak positif kepada kehidupan kita sebaliknya komunitas yang buruk akan memberikan dampak negatif. Bahkan bisa jadi kita akan mendapat getah dari kejahatan mereka.  Saya membaca berita tentang seorang pemuda yang ditangkap polisi karena dia membawa narkoba. Setelah diselidiki ternyata narkoba yang dimiliki bukan merupakan miliknya tapi titipan temannya di Jakarta. Ia tidak mencurigai titipan itu karena temannya memasukkan narkoba tersebut dalam bungkus makanan, selain itu mereka juga sudah berteman lama. Sehingga ia menyangka temannya hanya menitipkan makanan biasa. Saudara, komunitas yang buruk akan memberikan dampak negatif bagi hidup kita. karena itu mari kita mengevaluasi komunitas kita, dan pilihlah komunitas yang dapat membuat saudara bertumbuh.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, Apakah saudara sudah berada di dalam komunitas yang baik? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoa meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus supaya ia dapat memberikan saudara komunitas yang sehat dan dapat membantu saudara untuk bertumbuh. Saudara,  marilah kita bertumbuh melalui komunitas yang sehat. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup