Kain dan Habel (3)

Jumat, 15 Desember 2023

Kain dan Habel (3)

Bacaan Alkitab : Kej. 4:13-16


Saudara ayat bacaan hari ini masih melanjutkan kisah mengenai Kain dan Habel. Hari ini kita masuk ke dalam bagian dimana Kain telah mendapat hukuman Allah karena perbuatan yang telah ia lakukan kepada Habel. Dalam ayat 13, Kain berbicara kepada Allah bahwa hukuman yang Allah berikan kepada dirinya sangat berat, lebih daripada apa yang bisa ia tanggung. Jika kita lihat dari renungan kemarin dan hari ini ketika Kain melakukan kesalahan kita tidak melihat ada penyesalan dari diri Kain. Dalam renungan kemarin kita melihat ketika Allah bertanya ke mana Habel, Kain menjelaskan bahwa dirinya tidak tahu dimana Habel. Sedangkan dalam renungan hari ini Kain, merasa hukuman Allah sangat berat untuk dirinya.

Saudara melalui kisah Kain ini, kita melihat bagaimana ketika melakukan kesalahan Kain tidak menyesali apa yang telah ia buat. Kain malah mencari alasan bahkan ia menyalahkan Allah yang telah memberi hukuman yang sangat berat kepada dirinya. Kain tidak minta ampun kepada Allah atas perbuatannya.

Saudara melalui renungan hari ini, kita belajar bagaimana seharusnya respons kita ketika melakukan kesalahan. Melalui kisah Kain ini kita melihat contoh yang buruk dan kita perlu untuk belajar dari hal tersebut agar tidak kita lakukan dalam kehidupan kita. Ketika kita melakukan kesalahan, hal yang harus kita lakukan adalah menyadari tindakan yang telah kita lakukan, mengakuinya, meminta ampun kepada Allah, dan jangan mengulanginya kembali. Marilah bersama saat melakukan kesalahan belajar untuk menyadari apa yang telah kita lakukan dan jangan mencari-cari alasan atas kesalahan yang kita lakukan. 

Saudara ketika melakukan kesalahan, sudahkah kita menyadari hal tersebut dan tidak mencari-cari alasan atas kesalahan yang kita lakukan? Jika belum, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Berdoalah agar Allah memberi kemampuan kita untuk terus menyadari kesalahan yang kita lakukan dan tidak mencari-cari alasan atas kesalahan yang kita lakukan. (DS)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup