Penutup

Sabtu, 18 November 2023

Penutup


Bacaan Alkitab:  Wahyu 22:18-21



Perikop ini merupakan bagian penutup dari kitab Wahyu. Di dalam bagian ini Rasul Yohanes mengajak setiap orang yang mendengarkan dan taat kepada firman Tuhan yang telah dinyatakan di dalam kitab ini. Selain itu Rasul Yohanes juga memperingatkan agar orang percaya jangan sampai mengurangi atau menambahkan setiap perkataan dari firman tersebut.

Saudara yang dikasihi Tuhan di dalam bagian Firman Tuhan ini, ada beberapa dua hal yang dapat menjadi catatan penting. Pertama, menghormati Firman Tuhan. Rasul Yohanes memberikan peringatan agar orang percaya tidak mengubah Firman yang telah disampaikan. Baik dengan cara mengurangi maupun dengan cara menambahkan. Saudara menambahkan dan mengurangi Firman Tuhan  memiliki risiko yang mengerikan karena bisa menyesatkan orang-orang percaya yang lain. Dan inilah yang terjadi akhir-akhir ini, banyak pengkhotbah popular yang tidak terdidik dengan baik di dalam dunia teologi, di izinkan menyampaikan Firman Tuhan. Akhirnya, mereka mengkhotbahkan gagasan-gagasan mereka tentang Firman Tuhan. Apa yang mereka sebut sebagai Firman Tuhan adalah gagasan-gagasan yang merupakan hasil pemikiran mereka semata dan bukan berdasarkan apa yang dituliskan di dalam alkitab.

Hal kedua, mempersiapkan diri untuk kedatangan Tuhan. saudara di dalam ayat 20  dituliskan  “Ya, aku datang segera!”. Kalimat ini tidak menunjukkan pada waktu kedatangan-Nya tapi menunjuk pada kesiapan dalam menghadapi kedatangan Kristus. Dengan kata lain Tuhan Yesus meminta kita untuk mempersiapkan diri, untuk menghadapi kedatangan-Nya. Khususnya di dalam mengalami berbagai kesukaran-kesukaran di akhir zaman, hendaklah sebagai orang Kristen kita tetap menjadi orang yang setia kepada Tuhan. Saudara Firman Tuhan pagi hari ini mengajarkan kita dua hal, yaitu selalu menghormati Firman Tuhan. dan  mempersiapkan diri untuk kedatangan Tuhan yang kedua kali.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi kedatangan Kristus? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan saudara untuk terus bertumbuh di dalam kekudusan dan keserupaan dengan Kristus menjelang kedatangan Tuhan. Saudara, marilah kita mempersiapkan diri untuk kedatangan Kristus.  (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup