Penciptaan Hari Ketiga

Rabu, 22 November 2023

Penciptaan Hari Ketiga

Bacaan Alkitab : Kejadian 1:9–13

 

Saudara, pada hari ketiga Allah mengatur dan menyiapkan bumi agar menjadi tempat yang cocok untuk ditinggali oleh manusia. Air-air yang sudah menutupi bumi dikumpulkan dalam suatu tempat yang dinamai laut. Tanah yang kering dibuat menjadi tampak sehingga memungkinkan untuk ditinggali oleh manusia dan dinamai sebagai daratan. Kemudian bumi diperlengkapi untuk memelihara dan menopang hidup manusia. Tanah dibuat menjadi subur sehingga tumbuh tunas-tunas muda untuk kebutuhan manusia dan juga hewan. Persediaan ini juga dibuat untuk waktu yang akan datang dengan menumbuhkan terus sejumlah jenis sayur-sayuran yang beraneka ragam. Sehingga selama berlangsungnya kehidupan manusia di bumi, makanan bisa didapat dari tanah untuk digunakan dan dimanfaatkan.

Saudara, di hari ketiga ini Allah mengerjakan dua karya yaitu membuat laut dan daratan serta menumbuhkan tumbuh-tumbuhan. Dua karya ini dilakukan sebelum Ia menciptakan manusia dan hewan yang akan ditempatkan-Nya di bumi. Allah merancang dan mengatur bumi sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi manusia yang akan Ia ciptakan nantinya.

Saudara, melalui penciptaan yang terjadi pada hari ketiga kita dapat melihat cara kerja Allah yang teratur, rapi dan dipersiapkan dengan matang. Sebelum Allah menciptakan manusia dan hewan, Ia terlebih dulu mempersiapkan bumi sebagai wadah yang layak untuk ditinggali. Sebagai manusia yang diciptakan serupa dan segambar dengan-Nya, kita dapat mencontoh cara kerja Allah ini. Baik di dalam keluarga, pekerjaan atau pelayanan yang Tuhan percayakan pada kita. Mari kita kerjakan semua tanggung jawab tersebut dengan teratur, rapi dan persiapan yang matang.

Saudara sebagai orang percaya bagaimanakah cara kerja saudara selama ini? Sudahkan saudara bekerja dengan teratur, rapi dan dipersiapkan dengan matang. Jika belum. Maka mari datang pada Allah dalam doa. Mari meminta anugerah Allah dan kekuatan dari Allah agar saudara mampu melakukan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari dengan teratur, rapi dan dipersiapkan dengan matang. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup