Nyanyian Mereka Yang Menang

Sabtu, 28 Oktober 2023

Nyanyian Mereka Yang Menang


Bacaan Alkitab:  Wahyu 15:1-4



Perikop ini berbicara tentang kemenangan umat Allah atas kerajaan  kegelapan.  Dan juga perikop ini menjelaskan tentang nyanyian kemenangan umat Allah atas kemenangan yang mereka alami dari Allah.

Saudara salah satu hal yang dapat kita pelajari di dalam bagian firman Tuhan ini adalah tentang kesetiaan Tuhan kepada umat-Nya. Saudara perikop ini berbicara tentang kisah dimana umat Tuhan yang telah berhasil melewati masa-masa kesusahan yang dikerjakan oleh kuasa kegelapan. Di dalam ayat 2 dijelaskan bahwa Rasul Yohanes melihat umat Allah yang telah mengalahkan maut mereka berdiri di tepi lautan. Dan dari sana mereka menyajikan nyanyian-nyanyian kemenangan yang memuji-muji Allah. Lalu kapan dan bagaimana mereka bisa menang atas Kerajaan kegelapan ? Mereka menang melalui kesetiaan mereka kepada Allah di dalam penganiayaan. Meskipun mereka mengalami penderitaan dan penganiayaan namun mereka tidak mau menyangkal iman mereka dan tunduk menyembah kuasa kegelapan, sebaliknya mereka tetap setia kepada Allah.  Saudara di dalam bagian Rasul Yohanes melihat situasi yang mirip dengan apa yang terjadi di dalam Kitab Keluaran 15. Dimana  setelah Firaun dan para tentaranya ditenggelamkan oleh Allah dilaut merah maka orang Israel yang telah diselamatkan Allah itu menaikkan nyanyian kemenangan bagi Allah. Berdasarkan hal ini maka kita dapat melihat keadilan Tuhan dan kesetiaan Tuhan terhadap umat-Nya. Ia akan selalu menjaga dan melindungi umat-Nya. Saudara berdasarkan kebenaran ini hendaklah tetap percaya kepada Allah, dan tetap bertahan di tengah penderitaan. Ingatlah bahwa di akhir dari semua penderitaan yang kita alami, adalah kemenangan.

Renungan pagi ini mengajarkan kita untuk percaya bahwa Allah pasti akan menghukum semua pihak yang berusaha menghancurkan umat Tuhan. Penyataan Allah ini hendaklah memberikan kita harapan dan juga semangat untuk tetap percaya dan setiap kepada Tuhan.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sedang mengalami tekanan, diskriminasi dan penindasan karena saudara adalah seorang pengikut Kristus? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kepada kita kemampuan untuk tetap setiap mengikut Tuhan.  Saudara, mari kita selalu setia mengikut Tuhan. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup