Naga Dikalahkan

Kamis, 19 Oktober 2023

Naga Dikalahkan

Bacaan Alkitab : Wahyu 12: 7 – 9

 

            Dalam keseluruhan pasal 12 ini, kita akan mendapati penggambaran tentang peperangan antara jemaat dan antikristus, antara Kristus dengan iblis. Dalam peperangan tersebut, tujuan Iblis adalah untuk menyengsarakan umat Allah dan menjatuhkan mereka dalam kebinasaan. Namun, pada ay. 7 – 9, Yohanes menggambarkan bagaimana akhir dari peperangan tersebut, yaitu: Iblis dikalahkan. Kekalahan menunjukkan bahwa kuasa iblis sudah tidak berkuasa lagi atas kehidupan umat Allah.

Kemenangan umat Allah berasal dari kematian Kristus sebagai Anak Domba Allah di atas kayu salib bagi orang berdosa, kebangkitan-Nya atas maut serta kenaikan-Nya ke surga. Artinya, bahwa Iblis telah kehilangan kekuasaannya atas umat Allah setelah peristiwa kematian Kristus di kayu salib. Dan selama seorang percaya dapat menjaga kekudusan di hadapan Allah, maka kemenangan ini dapat dinikmati orang percaya sampai selama-lamanya.

Saudara, fakta tentang Allah telah mengalahkan iblis sejak dua ribu tahun yang lalu. Serta, bahwa iblis telah kehilangan kuasa atas kita seharusnya menyadarkan kita bahwa penderitaan, sakit penyakit, kemalangan merupakan bagian dari rencana Allah untuk mendewasakan iman kita. Dan, bahkan jika orang percaya terjerumus dalam dosa, hal tersebut adalah karena kita mengambil keputusan untuk menyerah terhadap godaan iblis bukan karena “serangan iblis berhasil mengalahkan kita.”  Ingatlah, bahwa iblislah yang kalah. Dan kita, melalui kematian Kristus di kayu salib, adalah umat pemenang. Dan karenanya iblis tidak dapat mengambil anugerah keselamatan itu dari kita, apa pun situasi kehidupan yang sedang kita alami saat ini.

Saudara, mari tetap lawanlah tipu muslihat, godaan, serta bujuk rayu iblis. Dengan cara menolak untuk mengeluh atas situasi kehidupan yang sedang kita hadapi, mengkomp- romikan nilai-nilai Kerajaan Allah demi memuaskan ego kita, dan bahkan meninggalkan Allah karena kehidupan tidak berjalan sesuai harapan kita. Kita adalah umat pemenang dan karenanya percayalah bahwa kemenangan demi kemenangan akan Allah senantiasa anugerahkan kepada kita.

Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kita masih tidak mempercayai bahwa Allah dapat memberikan kemenangan-kemenangan kepada kita? Kristus telah menjadikan umat-Nya sebagai pemenang, karena itu teruslah berjuang dan lawanlah tipu muslihat iblis. (TH)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup