Salam Kepada Tujuh Jemaat

Sabtu, 23 September 2022

Salam Kepada Tujuh Jemaat


Bacaan Alkitab:  Wahyu 1 : 4 8



Saudara, di dalam perikop ini Rasul Yohanes mengucapkan salam kepada tujuh jemaat di Asia kecil yaitu jemaaat Efesus, Smirna, Pergamus, Tiatira, Sardis, Filadelfia, dan Laodekia.   Tujuh Jemaat di Asia kecil adalah jemaat Kristen Yunani yang tingal di daerah Asia kecil atau turki modern. 

Saudara di dalam perikop ini Rasul Yohanes  memberikan dasar identitas dari para jemaat tersebut sebelum ia memberikan penilaian terhadap iman mereka. Ada jemaat-jemaat yang dipuji namun ada juga jemaat-jemaat yang ditegur. Saudara, Rasul Yohanes menegaskan bahwa sebagai orang-orang Kristen ada dua hal yang ditegaskan oleh Rasul Yohanes. Pertama, rasul sudah mengingatkan kita bahwa Yesus Kristus telah melepaskan kita dari segala dosa kita dengan darah-Nya. Ini menyoroti pentingnya pengorbanan Kristus bagi penebusan dosa manusia. Hal ini menyadarkan kita bahwa kita seharusnya adalah orang-orang yang dimurkai oleh Allah. Tapi karena pengorbanan Kristus maka kita dapat menikmati karya keselamatan.

Kedua Rasul Yohanes mengingatkan tentang Kristus, yang merupakan Alfa dan Omega’ Dalam konteks ini, "Alfa" adalah huruf pertama dalam alfabet Yunani, dan "Omega" adalah huruf terakhir. Penggunaan ini menunjukkan bahwa Tuhan adalah awal dan akhir dari segala sesuatu. Dia ada sebelum segala sesuatu dimulai dan akan ada selamanya. Ini adalah pernyataan tentang kekekalan dan ketakterbatasan Tuhan. Rasul Yohanes di dalam bagian ini menegaskan pernyataan tentang kemuliaan, kekuasaan, dan kekekalan Allah. Rasul Yohanes juga mengajak kita untuk menghormati dan memuliakan Tuhan yang telah ada sejak awal, yang mengendalikan segala sesuatu dalam alam semesta, dan yang akan datang kembali pada akhir zaman untuk menggenapi rencana-Nya. Pernyataan ini memperkuat keyakinan akan kedaulatan dan kuasa Allah, serta mengingatkan kita untuk selalu mencari-Nya dalam segala hal dalam hidup kita.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kehidupan saudara sudah menjadi orang Kristen  yang menghargai karya pengorbanan Kristus dengan hidup di dalam kesalehan? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kita kemampuan untuk dapat menghidupi anugerah keselamatan Allah. Marilah kita menghormati kasih karunia Allah. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup