Nasihat-Nasihat Untuk Meneguhkan Iman

Rabu, 20 September 2023

Nasihat-Nasihat Untuk Meneguhkan Iman

Bacaan Alkitab : Yudas 1:17 - 23

 

Saudara, dalam perikop ini Rasul Yudas mengulangi nasihatnya agar orang percaya waspada terhadap para pengajar sesat dan guru palsu.  Ia memperingatkan orang percaya agar berhati-hati karena mereka akan segera muncul di tengah jemaat (ay. 17). Guru-guru palsu ini digambarkan sebagai pemecah belah gereja karena cara hidup mereka hanya mengikuti hawa nafsu dan keinginan dunia (ay. 19). Oleh sebab itu, Rasul Yudas memberikan empat nasihat agar orang percaya tetap teguh di dalam kebenaran (ay. 20-23). Pertama, membangun iman. Setelah menerima Kristus, orang percaya harus terus berusaha membangun iman mereka. Tapi perlu diperhatikan bahwa iman yang teguh harus dibangun menggunakan bahan seperti emas, perak dan batu permata dan bukan kayu, rumput kering atau jerami (1 kor. 3:12). Dengan kata lain, bahan-bahan yang kokoh ini ialah kebenaran Firman Tuhan dan perilaku saleh. Iman yang demikian akan mampu teguh berdiri dan dapat bertahan di tengah pencobaan yang berat sekalipun.

Kedua, mengandalkan Roh Kudus. Doa adalah salah satu cara untuk merawat iman. Orang percaya harus selalu berdoa untuk meminta bimbingan dan kekuatan dari Roh Kudus agar tidak terpengaruh dengan pengajaran sesat. Ketiga, menjaga diri. Orang percaya harus berhati-hati agar tidak menjauh dari kasih Allah. Dengan kata lain, mereka harus memperhatikan langkahnya agar tidak keluar dari kebenaran Allah agar tetap berada dalam kasih-Nya. Keempat, menjaga saudara yang lain. Rasul Yudas meminta agar jemaat saling menunjukkan kasih dengan menolong mereka yang pendiriannya masih lemah. Sehingga tidak ada jemaat yang terjerumus di dalam kesesatan.

Saudara, dari empat nasihat di atas dapat disimpulkan bahwa orang percaya harus membangun iman dengan terus menerus melandaskannya pada kebenaran Firman Tuhan. Di saat yang bersamaan kita juga harus meminta kekuatan dan pertolongan dari Roh Kudus agar kita tidak terjerumus dalam godaan dunia. Terakhir, kita harus memperhatikan sesama tubuh Kristus. Kita bertanggung jawab untuk menjaga, mengingatkan dan mendorong orang percaya lain untuk hidup sesuai kebenaran Firman Tuhan. Mari kita berusaha untuk melakukan hal-hal ini dengan konsisten sehingga iman kita makin teguh dan tidak mudah digoyahkan dengan pengaruh nilai-nilai dunia.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungakan kebenaran Firman Tuhan. Saudara mari renungkan, sudahkan kita membangun iman berdasarkan kebenaran Firman Tuhan, berdoa meminta kekuatan dan pertolongan dari Roh Kudus untuk melakukan kebenaran dan menjaga saudara seiman yang lain? Jika belum. Maka mari datang kepada Allah dan meminta anugerah-Nya menerangi batin saudara. Sehingga saudara memahami pentingnya membangun iman berdasarkan kebenaran Firman Tuhan. Dan mari berdoa meminta kekuatan dan pertolongan dari Roh Kudus agar mampu secara konsisten menghidupi kebenaran sekaligus menuntun saudara seiman yang lain untuk melakukannya. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup