Penutup

Jumat, 25 Agustus 2023

Penutup

Bacaan : 2 Petrus 3:17-18

Saudara, dalam bagian penutup suratnya rasul Petrus sekali lagi mengingatkan orang percaya untuk berjaga-jaga agar jangan hidup menurut jalan orang yang tidak mengenal Allah (ay. 17). Oleh sebab itu Rasul Petrus menasihatkan orang percaya agar: pertama, bertumbuh dalam kasih karunia. Pada awal suratnya ia menasihatkan agar orang percaya menambahkan satu kasih karunia pada kasih karunia yang lain. Sekarang dalam akhir suratnya ia mendorong orang percaya untuk bertumbuh dalam semua kasih karunia, iman, kebenaran dan dalam pengenalan akan Allah. Kedua, bertumbuh dalam pengenalan akan Kristus. Orang percaya harus berusaha mengenal Dia dengan lebih jelas dan utuh. Dampak dari pengenalan ini adalah orang percaya akan semakin mengasihi Allah dan hidup semakin serupa dengan Dia.

Saudara, dalam perikop ini sekali lagi Rasul Petrus menegaskan bahwa orang percaya harus mengutamakan pengenalan akan Allah dalam hidupnya. Karena orang yang mengabaikan hal ini akan sangat mudah terpengaruh oleh nilai-nilai dunia dan mengikuti jalan yang salah. Satu-satunya cara mengenal Allah ialah dengan membaca Alkitab. Allah memperkenalkan Diri-Nya menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh manusia dan ditulis di dalam Alkitab. Meskipun perlu diakui bahwa pengenalan kita pada Allah di dunia ini belum lengkap dan sempurna tapi hal ini tidak dapat diabaikan. Oleh karena itu orang percaya harus selalu membaca, menggali dan merenungkan Firman Tuhan.

Saudara, orang percaya akan selalu berhadapan dengan nilai-nilai dunia yang tidak sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan. Bisa saja nilai-nilai dunia tersebut mempengaruhi cara hidup kita. Seperti nasihat Rasul Petrus mari kita selalu berjaga-jaga agar tidak mengikuti jalan orang-orang yang tidak mengenal Allah. Caranya ialah dengan memperdalam pengenalan akan Allah melalui pembacaan dan perenungan Firman Tuhan. Mari kita terus meminta bimbingan dan kekuatan dari Roh Kudus agar kita terus bertumbuh dalam iman dan pengenalan akan Allah.

Marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungakan kebenaran Firman Tuhan. Sudahkan pakah selama ini saudara sudah berusaha memperdalam pengenalan akan Allah melalui pembacaan dan perenungan Firman Tuhan? Jika belum. Maka mari meminta Allah mengubahkan cara pikir saudara agar memahami bahwa pengenalan akan Allah adalah sumber dari segala tindakan yang sesuai dengan kehendak-Nya. Dan mari meminta Roh Kudus untuk mencerahi batin dan pikiran saudara sehingga dapat mengerti kebenaran yang Allah nyatakan dalam Alkitab. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup