Panggilan dan Pilihan Allah

Sabtu, 19 Agustus 2023

Panggilan dan Pilihan Allah


Bacaan Alkitab:  2 Petrus 1:3-15




 

Saudara, di dalam bagian perikop yang baru saja dibaca ini, Rasul Petrus memberikan nasihat kepada orang-orang Kristen supaya mereka dapat bertumbuh dalam iman dan karakter Kristiani dengan memanfaatkan berbagai hal yang telah Allah diberikan kepada mereka. Petrus ingin mengingatkan orang Kristen akan pentingnya hidup yang saleh dan menghindari nafsu-nafsu duniawi.

Saudara dari nasihat Rasul Petrus ini, ada beberapa hal yang dapat kita pelajari. Yaitu Pertama, manfaatkan anugerah Allah untuk pertumbuhan Rohani kita. Rasul Petrus mengingatkan bahwa berbagai anugerah yang kita terima, diberikan Allah bukan untuk memuaskan hawa nafsu dan keinginan-keinginan daging kita.  Lebih jauh ia menjelaskan bahwa berbagai pemberian di dalam hidup kita diberikan oleh Allah untuk menumbuhkan kerohanian dan pengenalan kita akan Tuhan. Saudara, Tuhan telah menganugerahkan kita banyak hal yang baik bagi hidup kita, Kesehatan, waktu, pekerjaan, kepandaian, dst. namun hendaknya kita tidak menggunakan semua anugerah itu hanya untuk memuaskan hawa nafsu kita yang membuat kita semakin jauh dari Allah. Sebaliknya hendaknya kita menggunakan semua anugerah kita untuk semakin bertumbuh dalam pengenalan yang semakin intim dengan Allah.  Kedua, kehidupan Kristen yang sehat adalah kehidupan Kristen yang bertumbuh. Saudara di dalam Perikop ini juga Rasul Petrus mengingatkan kita untuk tidak berdiam diri dalam iman kita, tetapi untuk terus berusaha bertumbuh dalam karakter Kristen. Proses ini dimulai dengan iman, tetapi harus ditingkatkan dengan kebajikan, pengetahuan, penguasaan diri, ketekunan, dan kasih. Kehidupan rohani adalah perjalanan yang berkelanjutan, di mana kita diundang untuk terus berusaha untuk menjadi  seperti Kristus dalam segala hal.

Saudara renungan pagi hari ini mengajarkan kita dua hal yaitu memanfaatkan semua anugerah yang Allah berikan untuk bertumbuh secara Rohani dan berusahalah untuk bertumbuh di dalam berbagai karakter Kristen.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah  saudara sudah menggunakan semua anugerah dan pemberian Allah untuk bertumbuh dalam iman dan karakter saudara ?    Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan saudara kemampuan untuk memanfaatkan semua pemberian Allah untuk dapat bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus.   Saudara,  hendaklah kita bertumbuh menjadi serupa dengan Kristus. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup