Nabi-Nabi dan Guru-guru yang Palsu I

Selasa, 22 Agustus 2023

Nabi-Nabi dan Guru-guru yang Palsu I

Bacaan Alkitab : 2 Petrus 2:1-16



Saudara dalam ayat bacaan hari ini, Petrus memberikan nasihat agar berhati-hati terhadap guru-guru palsu. Dalam ayat 1-3 dijelaskan bagaimana ciri dari guru-guru palsu ini. Cirinya yaitu ajarannya menyangkali Kristus, kehidupannya dikuasai hawa nafsu, serakah dan hanya mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Rasul Petrus memberikan ciri-ciri ini agar orang percaya pada saat itu tidak terjebak oleh guru-guru palsu. Rasul Petrus juga memberitahukan bahwa kehadiran dari guru-guru palsu ini bukan hanya baru terjadi pada saat itu, tetapi sudah terjadi sejak zaman bapa leluhur Israel.

Saudara melalui nasihat yang Rasul Petrus berikan ini, ia juga memberikan contoh dari orang-orang  yang berhasil bertahan di tengah ajaran guru-guru palsu ini. Dalam ayat 5 dan 7, Rasul Petrus menyebutkan Nuh dan Lot sebagai orang yang diselamatkan karena mereka adalah orang yang benar di hadapan Allah. Meskipun mereka hidup di tengah orang-orang yang melakukan kejahatan tetapi mereka memilih untuk tetap setia kepada Allah. Karena mereka hidup di tengah-tengah orang yang melakukan kejahatan, maka bisa saja mereka terbawa dengan kehidupan orang yang jahat tersebut. Namun mereka memilih untuk tetap hidup sesuai dengan perintah Allah.

Saudara melalui renungan hari ini, kita kembali di ingatkan mengenai bahaya dari guru-guru palsu yang ada di sekitar kita. Sejak zaman bapa leluhur hingga saat ini guru-guru palsu ini selalu ada untuk mengajarkan hal yang berbanding terbalik dengan ajaran Kristus. Oleh karena itu, kita harus bisa membedakan mana ajaran yang benar dan salah. Dan untuk bisa membedakan mana yang benar dan salah, kita perlu menjaga hubungan dengan Allah melalui pembacaan Firman dan doa setiap hari. Sehingga kita dapat terus berjalan dalam kebenaran Kristus.

Saudara di tengah keadaan adanya ajaran dari guru-guru palsu, sudahkah kita sebagai orang percaya menjaga hubungan dengan Allah melalui pembacaan Firman dan doa setiap hari? Jika kita belum menjaga hubungan dengan Allah setiap harinya, maka marilah datang kepada Allah melalui doa. Mari buat komitmen baru dihadapan Allah, untuk terus memiliki hubungan dengan-Nya. Dan meminta Roh Kudus terus membimbing kehidupan kita, sehingga kita tidak terbawa oleh ajaran yang salah dari guru-guru palsu. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup