Allah adalah Terang

Senin, 28 Agustus 2023

Allah adalah Terang


Bacaan Alkitab:  1 Yohanes 1 : 5 – 10



Saudara di dalam pembacaan Alkitab kita pagi ini yang terdapat dari 1 Yohanes 1:5-10.  Rasul Yohanes di dalam perikop ini menjelaskan salah satu sifat  atau hakikat dari Allah Tritunggal yaitu terang.  Kata Terang di dalam  konteks ayat ini memiliki arti Suci dan Benar.  Rasul Yohanes berkata bahwa jika  Allah adalah teraang maka  manusia yang hendak bersekutu dengan Allah ia pun harus hidup di dalam terang. Sebaliknya, Rasul Yohanes menyampaikan bahwa jika kita masih hidup di dalam kegelapan yaitu dosa dan pemberontakan kita kepada Allah, maka kita  tidak dapat bersekutu dengan Allah.

            Saudara salah satu hal penting yang dapat kita pelajari dari perikop  ini adalah pelajaran tentang pengakuan dosa. Pengakuan dosa memiliki peran penting dalam hubungan kita dengan Allah. Saudara, mengakui dosa-dosa kita adalah langkah pertama untuk mengalami keselamatan di dalam Kristus dan juga  bagian penting dari perjalanan iman kita. Mengakui dosa-dosa kita dihadapan Tuhan mengajarkan kita untuk jujur menghadapi kelemahan dan juga kesalahan-kesalahan kita.  Allah  setia dan adil, Ia siap untuk mengampuni dan menyucikan kita melalui karya penyelamatan Yesus Kristus. Pengakuan ini bukan hanya tindakan verbal, tetapi juga menandakan kerendahan hati yang mengakui kebutuhan akan pertolongan Allah. Melalui pengakuan dosa maka kita akan mengalami pertumbuhan sehingga kita dapat hidup dalam  persekutuan dengan Allah Tritunggal.

Saudara renungan ini mengajarakan kita untuk mengambil waktu untuk mengevaluasi hidup kita. Jujurlah pada diri sendiri tentang kelemahan dan kegagalan kita. Bawa pengakuan kita kepada Allah dalam doa. Sampaikan dosa-dosa kita dengan tulus dan rendah hati, dan akuilah kebutuhan kita akan pengampunan Allah. Ini adalah langkah awal untuk membangun kembali hubungan yang dekat dengan-Nya.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah mengakui dosa-dosa saudara dihaapan Tuhan secara jujur dan rendah hati?     Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk dapat membimbing saudara untuk mengenali dosa-dosa saudara dan mengakuinya di hadapan Tuhan dengan penuh kerendahan hati.  Saudara,  marilah kita mengakui dosa kita dihadapan Allah. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup