Jangan Memfitnah Orang

Jumat, 28 Juli 2023

Jangan Memfitnah Orang

Bacaan Alkitab : Yakobus 4: 11-12


Saudara dalam ayat bacaan kita hari ini, Yakobus mengingatkan jemaat untuk jangan saling memfitnah dan hanya ada satu hakim yaitu Allah yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Kata memfitnah dalam ayat ini berasal dari kata aslinya katalaleite yang memiliki arti berbicara menjatuhkan orang lain atau berbicara menentang orang lain dengan cara menghina/ merendahkan. Dengan kata lain maksud dari kata memfitnah di dalam ayat ini ialah mencela orang di depan atau di belakang orang itu karena ia tidak hidup sesuai dengan prinsip hidup kita/ pandangan kita, padahal kitab suci tidak melarang tindakan orang tersebut. Misalnya orang Farisi melarang murid-murid untuk memetik gandum pada hari sabat (Matius 12:1-2).

Saudara, fitnah sering dilakukan orang dengan mencela dan menilai hidup orang lain seolah-olah tidak sejalan dengan Firman Tuhan. Padahal sebenarnya nilai yang dibicarakan bukanlah benar-benar dari Firman Tuhan tetapi berdasarkan prinsip hidupnya sendiri. Oleh karena itu, melalui renungan hari ini kita diingatkan agar jangan menghakimi orang lain karena tidak sesuai dengan prinsip hidup kita. Apalagi jika membungkusnya seolah-olah pandangan kita itu berasal dari Firman Tuhan. Jika memang orang lain melakukan hal yang bertentangan dengan Firman Tuhan maka sudah seharusnya kita menegur orang tersebut. Tetapi jika kita menegur maka harus benar-benar karena melanggar Firman Tuhan bukan karena tidak sesuai dengan prinsip hidup kita.

Saudara, melalui renungan hari ini kita kembali diingatkan untuk tidak mencela orang lain yang tidak sesuai dengan prinsip hidup kita. Tetapi marilah kita menjadi pribadi yang menerima perbedaan dengan orang lain. Namun jika hal itu benar-benar bertentangan dengan Firman Tuhan maka marilah kita menegur orang tersebut dengan penuh kasih.

Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sebagai orang percaya, sudahkah kita untuk tidak cepat mencela orang lain hanya karena tidak sesuai dengan prinsip hidup kita? Jika ada di antara kita, saat ini mungkin pernah mencela orang lain karena orang tersebut tidak sesuai dengan prinsip hidup kita. Maka marilah datang melalui doa kepada Allah. Marilah meminta ampun kepada Allah. Dan mintalah Roh Kudus agar terus membimbing kita agar kita dapat menjadi orang percaya yang tidak cepat mencela orang lain hanya karena tidak sesuai dengan prinsip hidup kita. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup