Jangan Memandang Muka

Sabtu, 22 Juli 2023

Jangan Memandang Muka


Bacaan Alkitab:  Yakobus 2:1-13



Saudara, di dalam surat ini Yakobus mengingatkan orang-orang percaya yang berlatar belakang Yahudi untuk  tidak mendiskriminasikan satu dengan yang lain hanya karena mereka memiliki latar belakang ekonomi dan status sosial yang berbeda. Saudara yang dikasihi Tuhan, sebaliknya ia menasihatkan mereka untuk saling mengasihi tanpa memandang perbedaan di antara mereka .

Saudara, surat Yakobus ditujukan kepada komunitas Kristen yang mengalami ketimpangan sosial yang signifikan. Terdapat perlakuan diskriminatif terhadap orang miskin oleh beberapa anggota jemaat, sementara orang kaya diberi perlakuan istimewa. Yakobus mengecam sikap ini dan menekankan bahwa tidak boleh ada perbedaan perlakuan berdasarkan status sosial. Yakobus rupanya menyadari adanya pengaruh dari nilai-nilai dunia yang mempengaruhi sikap jemaat terhadap orang lain. Oleh karena itu, Yakobus memberikan teguran keras dan nasihat praktis tentang bagaimana menghidupi iman mereka secara konsisten dalam praktik hidup sehari-hari. Yakobus kemudian menekankan pentingnya mengamalkan kasih terhadap sesama. Dia mengatakan bahwa hukum yang sempurna adalah hukum kasih. Yakobus juga menekankan kembali ajaran Kristus bahwa kasih merupakan panggilan bukan hanya mengasihi Allah tapi juga mengasihi sesama. Kita dipanggil untuk memberikan perhatian dan pertolongan kepada sesama tanpa memandang status sosial mereka.

Saudara perikop ini mengajak kita untuk memeriksa sikap kita terhadap sesama dan memastikan bahwa kita tidak membedakan orang berdasarkan penampilan atau status sosial mereka. Sebagai orang percaya, panggilan kita adalah mengamalkan kasih terhadap semua orang dan hidup sesuai dengan hukum kasih. Marilah kita menjadi teladan yang adil dan rahmat bagi dunia di sekitar kita, mencerminkan karakter Allah yang penuh kasih dan rahmat.

Saudara,  marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah mengasihi sesama tanpa memandang muka? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah supaya Tuhan memberikan kepada saudara kemampuan untuk dapat mengasihi sesama tanpa memandang muka.  Marilah kita saling mengasihi. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup