Iman dan Hikmat

Selasa, 18 Juli 2023

Iman dan Hikmat

Bacaan Alkitab : Yakobus 1:2-8

 


Saudara dalam ayat bacaan hari ini, kita melihat pesan yang Yakobus sampaikan mengenai pencobaan. Pesan ini ditujukan bagi orang Yahudi kristen yang tersebar di luar Palestina. Orang-orang ini di benci oleh orang Yahudi non kristen dan pemerintah Romawi. Sehingga keadaan yang sedang orang Yahudi kristen alami ialah sebuah penderitaan. Dalam ayat 2 dikatakan anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan. Yang dimaksud pencobaan dalam bagian perikop ini ialah sesuatu yang tujuaannya untuk menyucikan dan menguatkan orang percaya. Dan pencobaan ini terjadi dalam bentuk kesukaran atau penderitaan.

Saudara orang Yahudi kristen yang menjadi tujuan dari surat ini mereka sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja. Dalam tempat perantauan dimana mereka tinggal, mereka mengalami penderitaan yang disebabkan iman kepada Allah. Ketika mereka menjadi orang percaya, justru mereka mengalami penderitaan. Namun Yakobus mengingatkan kepada mereka meskipun mereka sedang mengalami penderitaan karena iman kepada Allah. Mereka harus tetap tekun di dalam iman yang akan membawa iman mereka semakin teguh.

Saudara pesan Yakobus kepada orang Yahudi kristen ini pun ditujukan untuk kehidupan kita saat ini sebagai orang percaya. Kita diingatkan untuk tetap tekun di dalam iman meskipun menghadapi berbagai penderitaan. Mungkin saat ini ada di antara kita yang sedang mengalami masalah ekonomi, kesehatan, keluarga, pekerjaan, sekolah,dll. Melalui ayat renungan hari ini, kita kembali diingatkan untuk tetap tekun di dalam iman kepada Allah meskipun sedang menghadapi penderitaan. Karena melalui ketekunan kita kepada Allah dalam menghadapi penderitaan ini akan membuat iman kita semakin teguh kepada-Nya. Tetaplah bertekun dalam iman didalam berbagai penderitaan yang di alami.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sebagai orang percaya, sudahkah kita memiliki iman yang teguh dalam menghadapi berbagai penderitaan yang terjadi dalam kehidupan? Jika ada di antara kita, saat penderitaan datang dalam kehidupan lalu membuat iman kita kepada Allah semakin lemah. Maka marilah datang kepada-Nya melalui doa. Marilah kita meminta Allah menolong dan memampukan kita agar tetap memiliki iman yang teguh kepada-Nya, dalam segala keadaan kehidupan. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup