Dosa karena Lidah

Selasa, 25 Juli 2023

Dosa karena Lidah

Bacaan Alkitab : Yakobus 3: 1-12




 

Saudara dalam ayat bacaan kita hari ini, Yakobus mengarahkan fokusnya kepada para pengajar rohani di jemaat Yahudi. Keadaan saat itu seorang pengajar memiliki peran yang penting dalam kehidupan gereja selain rasul dan nabi. Seorang pengajar gereja memiliki tugas penting dalam menyampaikan ajaran kekristenan. Karena pada saat itu tidak banyak yang bisa membaca sehingga posisi sebagai seorang pengajar merupakan kedudukan yang terpandang. Oleh karena itu, membuat banyak orang berusaha untuk menjadi seorang pengajar. Dan dalam perikop hari ini Yakobus menekankan konsekuensi yang akan dihadapi seorang pengajar melalui perkataannya.

Saudara cara kita menggunakan perkataan terkadang kurang bijaksana. Bahkan Yakobus menggambarkan perkataan (lidah) dengan kapal besar dan api kecil. Sesuatu bagian dalam tubuh yang kecil, namun dapat berpengaruh besar dalam kehidupan. Bahkan dalam ayat perikop hari ini Yakobus memunculkan sebuah pertentangan, bagaimana mungkin melalui perkataan (lidah) kita memuji Tuhan sambil menghina orang yang Tuhan ciptakan? Yakobus melalui bagian ini mengingatkan untuk menggunakan perkataan (lidah) untuk memuji Tuhan dan menghargai orang lain.

Saudara melalui renungan hari ini, kita diingatkan untuk menggunakan perkataan (lidah) kita dengan bijaksana. Perkataan yang keluar dari mulut kita merupakan perkataan yang benar. Sehingga kita dapat memuji Tuhan dan menghargai orang lain melalui setiap perkataan kita. Marilah menggunakan perkataan kita untuk memuji Tuhan dan menghargai orang lain.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sebagai orang percaya, sudahkah kita mengeluarkan perkataan yang benar dalam kehidupan sehari-hari? Jika ada di antara kita, yang mungkin masih belum menggunakan perkataan yang benar dalam kehidupan sehari-harinya. Maka marilah kita berdoa kepada Allah agar memberikan kemampuan kepada kita untuk menggunakan perkataan yang benar dan meminta Roh Kudus untuk terus membimbing kita agar setiap harinya kita selalu mengeluarkan perkataan yang benar. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup