Yesus Seketika Lebih Rendah Dari Pada Malaikat-Malaikat

Rabu, 21 Juni 2023

Yesus Seketika Lebih Rendah Dari Pada Malaikat-Malaikat

Bacaan Alkitab : Ibrani 2:5-18



Saudara, dalam perikop ini Paulus menjelaskan bahwa kebenaran Injil dibuktikan oleh Allah sendiri melalui Kristus yang diutus ke dalam dunia. Kristus yang kuasa dan kemuliaan-Nya lebih dari apa pun rela menjadi lebih rendah dari malaikat dan bahkan menjadi sama dengan manusia. Tapi pengorbanan ini bukanlah sebuah kekalahan karena tindakan yang dilakukan Kristus justru merupakan suatu kemenangan besar sepanjang sejarah kehidupan manusia. Melalui kematian dan kebangkitan-Nya, Kristus telah menaklukkan kuasa maut. Semua ini semata-mata demi mewujudkan rencana Allah yaitu supaya manusia dapat menerima anugerah keselamatan.

Saudara, sebelum Kristus datang ke dunia manusia hidup dengan dibelenggu oleh dosa dan tidak dapat keluar dari keadaan ini. Tapi kematian Kristus membebaskan manusia dari jerat dosa dan keluar dari hukuman kekal. Kematian Kristus juga memulihkan hubungan antara Allah dan manusia yang rusak akibat dosa. Sehingga manusia dapat kembali pada rancangan Allah yang semula yaitu hidup sesuai kehendak Allah dan menjadi serupa dengan-Nya. Kenyataan inilah yang ingin disampaikan Paulus dalam perikop ini sehingga manusia dapat menyadari tujuan dan arti hidupnya.

Saudara, kita semua adalah orang yang telah ditebus dan bebas dari kuasa maut melalui pengorbanan Kristus. Melalui kuasa kematian dan kebangkitan Kristus kita telah dipulihkan sesuai dengan rancangan Allah yang semula yaitu hidup sesuai kehendak Allah. Oleh sebab itu, mari kita selalu mengarahkan hati dan pikiran kita pada apa yang Allah kehendaki. Mari meminta kekuatan dan bimbingan dari Roh Kudus sehingga cara hidup kita selalu sesuai dengan kehendak-Nya.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, mari kita renungkan kembali pengorbanan Kristus yang merendahkan Diri-Nya agar dapat membebaskan kita dari dosa. Melalui pengorbanan ini, sudahkah saudara menyadari tujuan hidup orang percaya adalah hidup sesuai kehendak Allah? Jika belum. Maka marilah datang kepada Allah dan meminta agar Roh Kudus menerangi batin saudara sehingga suadara menyadari bahwa tujuan orang percaya ialah hidup sesuai kehendak Allah dan menjadi serupa dengan-Nya. Dan mari meminta anugerah dari Allah sehingga kehidupan saudara semakin diperbaharui setiap hari. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup