Yesus sebagai Imam Besar

Senin26 Juni 2023

Yesus sebagai Imam Besar


Bacaan Alkitab:  Ibrani 4: 14 – 5: 10


Surat Ibrani adalah surat ditujukan kepada orang-orang Kristen Yahudi yang tinggal di Roma yang sedang menghadapi penganiayaan dari pihak Yahudi yang tidak percaya atau yang menolak ketuhanan Kristus. Hal inilah yang membuat penulis Ibrani di dalam bagian perikop ini mencoba menjelaskan status Kristus sebagai iman besar yang sempurna. Imam besar dalam tradisi agama Yudaisme merupakan jabatan yang sangat penting. 

Saudara dalam tradisi Yahudi, seorang imam besar adalah pemimpin spiritual yang mewakili umat Israel di hadapan Allah dan melakukan persembahan kurban untuk pengampunan dosa. Namun, Yesus Kristus juga berperan sebagai Imam Besar yang lebih tinggi daripada imam-imam sebelumnya. Pada ayat 14 dikatakan bahwa Kristus adalah imam besar yang mengatasi langit. Saudara dalam perikop ini peulis Ibrani mengajak para pembaca yang belatar belakang Yahudi untuk mengenal dan merenungkan kebesarn dan keunggulan Kristus sebagi imam besar. 

Saudara, ketika kita menghadapi tantangan, ketakutan, atau keraguan dalam hidup, penting bagi kita untuk selalu mengingat fakta bahwa Yesus adalah Imam Besar kita. Kristus adalah sumber kekuatan, penghiburan, dan pertolongan dalam segala hal. Kita tidak sendiri dalam perjalanan kita, tetapi Yesus ada bersama kita, siap untuk menolong kita. Penulis Ibrani juga mengajak kita untuk tetap teguh pada pengakuan iman kita (ay.14). Pengakuan ini mencakup keyakinan kita bahwa Yesus adalah Anak Allah yang datang untuk memberikan keselamatan kepada kita dan karena itu maka kita harus mempertahankan keyakinan ini dalam setiap situasi yang kita hadapi, karena itu adalah fondasi dan kekuatan kita.

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saat menghadapi masalah, saudara sudah menjadi orang yang selalu mengingat Kristus yang telah menanggung kelemahan-kelemahan saudara?     Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kita kemampuan untuk selalu mengingat akan karya Kristus bagi kita setiap kali kita meghadapi masalah. Marilah kita selalu mengingat karya Kristus bagi kita. (WN)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup