Peringatan Supaya Jangan Murtad

Selasa, 27 Juni 2023

Peringatan Supaya Jangan Murtad

Bacaan Alkitab : Ibrani 5:11-6:8

 


Saudara, dalam ayat bacaan hari ini kita melihat ada sebuah teguran dan nasihat yang diberikan kepada jemaat di Ibrani. Hal ini disebabkan jemaat Ibrani dalam keadaan yang tidak siap untuk menerima ajaran yang seharusnya mereka terima. Dalam ayat 11 dikatakan mereka lamban dalam hal mendengarkan. Jemaat Ibrani tidak berkembang dengan baik dalam hal doktrin ataupun pengalaman kekristenannya. Sehingga penulis menganggap mereka masih anak kecil yang hanya dapat menerima susu dan tidak mampu untuk makanan yang keras.

Saudara, jemaat Ibrani diharapkan untuk memahami beberapa prinsip dasar iman Kristen. Dan bukan hanya sebatas memahami tetapi mereka juga dinasihati untuk terus berkembang hingga menjadi pribadi yang dewasa agar mencapai pertumbuhan rohani yang sempurna. Dalam bagian akhir perikop ini, penulis juga mengingatkan ketika seseorang tidak bersedia untuk bertumbuh di dalam kekristenan maka orang tersebut akan mengalami kemunduran dan hasil dari kemunduran itu ialah kemurtadan.

Saudara, melalui renungan hari ini kita kembali melihat bagaimana seharusnya kehidupan orang yang percaya. Saat seseorang menerima dan percaya kepada Kristus, bukan itu titik akhir dalam kehidupan kerohaniannya. Namun, itu merupakan sebuah titik awal dalam proses pengenalannya akan Kristus. Orang percaya haruslah belajar dan memahami prinsip-prinsip iman Kristen, dan setelah itu ia harus terus berkembang hingga mencapai pertumbuhan rohani yang sempurna. Jika orang percaya tidak mau belajar dan memahami prinsip iman Kristen dan tidak mau untuk terus berkembang hingga mencapai pertumbuhan rohani yang sempurna maka kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami kemunduran iman. Dan jika tidak dibenahi maka lama kelamaan akan menjadi orang yang murtad / meninggalkan Kristus. Saudara, marilah kita terus bertumbuh hingga mencapai pertumbuhan rohani yang sempurna.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara selama menjadi orang percaya sudahkah kita mau untuk belajar mengenai iman Kristen dan terus bertumbuh di dalam Kristus? Jika selama ini kita menjadi orang percaya yang hanya sebatas percaya kepada Kristus dan belum mau untuk memperdalam pemahaman mengenai iman Kristen dan bertumbuh di dalam Kristus, maka marilah mengambil waktu sejenak untuk meminta ampun kepada Allah, setelah itu marilah buat sebuah komitmen dihadapan Allah untuk mau belajar mengenai iman Kristen dan terus bertumbuh di dalam Kristus sehingga kita jangan sampai menjadi orang yang murtad kepada Kristus karena tidak memiliki pertumbuhan iman didalam-Nya. (DS)

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup