Kristus adalah Imam yang Lebih Tinggi daripada Harun

Jumat, 30 Juni 2023

Kristus adalah Imam yang Lebih Tinggi daripada Harun

Bacaan Alkitab : Ibrani 7: 11 – 28

 


            Dalam bagian ini, penulis kitab Ibrani menekankan perihal keimaman Kristus yang lebih tinggi daripada keimaman Harun. Ada dua hal yang membedakan status keimaman Kristus dan Harun, yaitu: pertama, Harun ditetapkan sebagai Imam berdasarkan aturan-aturan dalam Hukum Taurat (ay. 16a). Harun berasal dari keturunan suku Lewi yang bertugas sebagai Imam Besar di kemah suci. Hal ini menunjukkan bahwa Harun adalah manusia biasa sehingga beberapa teolog menggambarkan sifat imam dari suku lewi memiliki kelemahan atau ketidaksempurnaan dalam melaksanakan tugas sebagai Imam Besar. Sebab, sebagai seorang Pengantara antara manusia dan Allah maka ia haruslah seseorang yang tidak bercela.

            Kedua, Kristus adalah Imam Besar yang diutus langsung oleh Allah (ay. 16b). Kristus adalah Imam Besar Agung yang sempurna sebab Ia saleh dan tidak berdosa. Kesempurnaan ini-lah yang menjadikan Kristus layak untuk menjadi Pengantara antara Allah yang Maha Kudus dan manusia. Tidak hanya itu, Kristus sebagai Imam Besar Agung juga adalah satu-satunya Imam Besar yang memiliki kuasa untuk mengampuni dosa manusia.

            Saudara, mengetahui bahwa kita memiliki Imam Besar Agung yang Sempurna serta tidak dapat binasa memberikan pengharapan dalam diri kita akan pengampunan dosa, keselamatan serta kehidupan yang kekal bersama-Nya. Pengharapan dalam Kristus ini juga memberikan kepada kita kesempatan untuk mendekat kepada-Nya dalam kehidupan kita saat ini. Dengan demikian, mari jangan ragu untuk senantiasa datang kepada-Nya dalam setiap kondisi kehidupan kita baik melalui ibadah maupun jam-jam doa kita. Sebab, Ia adalah Imam Besar Agung yang akan senantiasa mengasihi dan memenuhi semua kebutuhan kita.

            Saudara, mari sejenak kita merenungkan Firman yang baru saja kita dengar. Saudara, sudahkah kita menaruhkan pengharapan kita tentang kehidupan saat ini, keselamatan, bahkan kehidupan kekal kelak kepada Sang Imam Besar Agung kita, Yesus Kristus? Jika belum sepenuhnya maka mari saat ini kita bersama-sama berdoa dan meminta Roh Kudus memberikan kepada kita kekuatan dan kemampuan untuk senantiasa berharap kepada Kristus. (TH)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup