Anak Allah Lebih Tinggi Dari Pada Malaikat-Malaikat

Senin, 19 Juni 2023

Anak Allah Lebih Tinggi Dari Pada Malaikat-Malaikat

Bacaan Alkitab:  Ibrani 1:5-14


 

Surat Ibrani adalah surat ditujukan kepada orang-orang Kristen Yahudi yang tinggal di Roma atau wilayah sekitarnya, khususnya orang-orang Yahudi yang baru menjadi Kristen. Hal ini karena banyak orang Yahudi yang baru bertobat saat itu mengalami penolakan dan tantangan dari komunitas orang Yahudi yang non-Kristen.  Kondisi inilah yang membuat Penulis Ibrani berupaya untuk menguatkan iman mereka kepada tentang Kristus. Di dalam perikop ini,  Penulis kemudian mengutip ayat-ayat Perjanjian Lama seperti Mazmur dan Yesaya untuk menunjukkan keunggulan Kristus. Kutipan-kutipan ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa Kristus lebih tinggi lebih dari seluruh makhluk roh termasuk malakat-malaikat.

Dari perikop ini ada dua hal yang dapat kita pelajari. Pertama, keunikan Yesus Kristus (ay.5-7). Di dalam ayat-ayat ini penulis menekankan bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah yang unik. Dan bahwa tidak ada tidak ada makhluk ciptaan, termasuk malaikat, yang dapat dibandingkan dengan Kristus.  Keunikan Yesus Kristus juga berkaitan  dengan keberadaan-Nya sebagai satu-satunya jalan menuju Allah.  Kedua, Kristus adalah hakim semesta (8-13).  Kristus adalah sumber dari keadilan sempurna. Saudara, Bapa adalah Allah yang Kudus dan akan menghakimi dosa. Namun, Bapa menyerahkan penghakiman kepada Yesus Kristus. ini adalah keunikan Kristus dibandingkan makhluk-makhluk roh lainnya.

Saudara, kita hidup di dalam dunia yang terdapat banyak agama. Banyak orang yang menyatakan diri sebagai nabi. Tapi mereka tidak bisa membuktikannya baik melalui kehidupan mereka maupun melalui kematian mereka. Hal ini berbeda dengan Kristus, ia menyatakan kebenaran dan kehidupannya konsisten kebenaran yang disampaikan. Bahkan sebelum  kematiannya ia menyatakan secara detail kematian-Nya dan juga kebangkitan-Nya. Dan Ia konsisten melakukan hal tersebut

Saudara, marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, sejauh mana saudara sudah memiliki kerinduan untuk semakin mengenal Kristus? Saudara, marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kerinduan untuk semakin ingin mengenal Kristus dengan lebih dalam. Marilah kita semakin mengenal Kristus. (WN)





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup