Syarat-syarat bagi Diaken

Selasa, 16 Mei 2023

Syarat-syarat bagi Diaken

Bacaan Alkitab : 1 Timotius 3:8-13



Saudara dalam perikop bacaan hari ini, Paulus menjelaskan syarat-syarat yang harus dimiliki seorang pelayan. Dalam perikop sebelumnya Paulus menjelaskan bagi seorang penilik jemaat saat ini ia menjelaskan bagi seorang diaken. Diaken merupakan pelayan yang mengurusi jemaat dalam hal jasmani. Atau secara khusus biasanya mereka menangani orang-orang miskin dalam gereja. Dalam bagian ini Paulus memberikan penekanan yang sama seperti saat ia menjelaskan mengenai syarat penilik jemaat, yaitu seorang pelayan harus memiliki karakter yang baik dan kesaksian hidup yang benar.

Saudara, melalui bagian ini kita melihat bahwa seorang pelayan haruslah orang yang telah benar-benar bertobat dan bukan hanya suka mengikuti kegiatan gereja. Ia haruslah seseorang yang sudah menunjukkan pertobatannya dalam kehidupan sebelum ia melayani orang lain. Seorang pelayan harus menunjukkan sikap orang percaya yang baik. Dengan demikian, maka seseorang dapat menjadi berkat dalam pelayanannya dan tidak menjadi batu sandungan untuk orang lain.

Saudara, melalui renungan hari ini kita kembali melihat bagaimana kriteria yang harus dimiliki oleh seorang pelayan. Ia haruslah seorang yang sudah menunjukkan pertobatan dan menunjukkan sikap yang benar dalam kehidupannya. Melakukan pelayanan bukan sekedar menyalurkan hobi/ kemampuan dan kesukaan diri kita.

Saudara, marilah memeriksa setiap kehidupan kita masing-masing. Mungkin ada di antara kita yang saat ini sudah melayani di dalam gereja, namun yang menjadi pertanyaan sudahkah kita melayani  sesuai dengan kriteria yang dijelaskan melalui renungan hari ini? Atau mungkin ada di antara kita yang belum melayani namun sudah ada keinginan untuk melakukan pelayanan di gereja. Marilah kita memeriksa kehidupan kita terlebih dahulu sebelum melayani, apakah kita sudah sesuai dengan kriteria yang dijelaskan melalui renungan hari ini? Marilah menjadi pribadi yang sesuai dengan kriteria dalam hal melayani di dalam gereja.

Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk merenungkan kebenaran Firman yang baru saja kita dengar. Saudara sudahkah dalam pelayanan kita sesuai dengan kriteria yang seharusnya ada dalam diri seorang pelayan? Jika belum, maka marilah kita berdoa meminta Allah mengubah kehidupan kita sehingga mulai saat ini kita menjadi seorang pelayanan yang melayani sesuai dengan kriteria yang benar. (DS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup