Panggilan Untuk Ikut Menderita

Senin, 29 Mei 2023

Panggilan Untuk Ikut Menderita

Bacaan Alkitab:  2 Timotius 2:1-13




Saudara pada bagian ini Paulus memberikan arahan dan nasihat kepada Timotius untuk tetap setia kepada pelayanan sebagai seorang gembala di kota Efesus meskipun ia haru mengalami berbagai macam tantangan. Ada beberapa tantangan yang  dialami Timotius dalam pelayanannya sebagai seorang gembala dan juga pemberita Injil di kota Efesus. Tantangan dari dalam ia mungkin menghadapi orang-orang Kristen yang menganggapnya masih terlalu muda untuk melayani Tuhan sebagai seorang gembala.  Hal ini mungkin membuat dia mungkin pernah merasa  rendah karena diremehkan sebagaimana yang pernah ditulis oleh rasul Paulus surat 1 Timotius 4:12. Tantangan lain yang juga dihadapi oleh Timotius dalam pelayanan penggembalaannya adalah adanya  penganiayaan kepada orang-orang yang belum percaya di kota Efesus.

            Saudara ada beberapa hal yang dapat kita pelajari dari nasihat Timotius ini yaitu : Pertama, kita dipanggil untuk menguatkan diri oleh kasih karunia dalam Kristus Yesus (ayat 1). Kasih karunia adalah anugerah yang Allah berikan kepada kita melalui karya penyelamatan Kristus. Dalam kasih karunia ini, kita menemukan kekuatan untuk bertahan dan melayani dengan setia. Kita tidak sendirian, tetapi kita memiliki kasih karunia yang melimpah untuk menguatkan dan memampukkan kita.  Saudara sebagai orang Kristen kita pun mengalami berbagai macam pergumulan dan tantangan. Mungkin di kantor sebagai orang Kristen kita didiskriminasi karena keyakinan kita. Mungkin juga kita dibenci karena kita tidak mau bersekongkol untuk melakukan  kejahatan. Ayat Firman tuhan ini mengajarkan kita untuk tetap menguatkan diri kita di dalam kasih karunia Tuhan. berdoalah meminta Anugrah Tuhan untuk menguatkan saudara.

            Kedua, kita diminta untuk berfokus pada panggilan pelayanan kita. Saudara di dalam ayat 4 rasul Paulus meminta agar Timotius sebagai seorang pelayan Tuhan tetap memiliki fokus yang benar di dalam pelayanan. Sama halnya dengan seorang prajurit yang berfokus pada tujuannya dalam melaksanakan tugas dan tidak dipengaruhi oleh hal-hal lain. Saudara sebagai seorang Kristen kita pun diminta untuk fokus melayani Tuhan. dan tidak  terpengaruh oleh berbagai hal yang dapat mengalihkan perhatian kita dari Kristus. Ada banyak hal yang dapat membuat fokus kita teralihkan dalam pelayanan seperti mau mencari keuntungan bagi diri kita sendiri. keuntungan tidak harus selalu dalam bentuk uang, bisa saja ingin mencari pujian, ingin mengembangkan bakat, untuk mengisi kekosongan waktu kita, dst.  fokus pelayanan yang tidak tertuju kepada Allah akan membuat kualitas pelayanan kita menjadi merosot. (WN)     

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara ada hal-hal yang mengalihkan fokus saudara dari Tuhan? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan bagi saudara agar menjadi orang Kristen memiliki  kehidupan yang berfokus hanya kepada Tuhan saja. Saudara hendaklah seluruh kehidupan kita berfokus hanya kepada Tuhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup