Mengenai Janda

Senin, 22 Mei 2023

Mengenai Janda

Bacaan Alkitab:  1 Timotius 5:3-16



Saudara dalam perikop ini Rasul Paulus memberikan nasihat kepada Timotius, salah satu seorang muridnya yang pada saat itu sedang menjadi pemimpin di gereja Efesus. Perikop ini memberikan panduan praktis tentang cara menghormati dan mengurus para janda di dalam jemaat. 

Ada dua hal yang dapat kita pelajari di dalam perikop ini. Pertama, Mengasihi dan Menghormati Sesama : Rasul Paulus meminta agar Timotius menghormati dan merawat seorang janda yaitu wanita yang telah berusia lebih dari enam puluh tahun serta telah kehilangan suami dan anaknya. Timotius diminta untuk memperhatikan kebutuhan para janda tersebut. Saudara, sebagai umat Tuhan kita pun diminta untuk menunjukkan kasih dan penghormatan kepada mereka yang berada dalam situasi yang sulit. Kedua, Tanggung jawab Keluarga. Paulus juga mengingatkan Timotius agar ia menekankan pentingnya anak-anak dan cucu-cucu untuk mengurus keluarga orang tua mereka khususnya para janda, sehingga beban keluarga mereka tidak selalu menjadi beban jemaat. Saudara sebagai orang Kristen kita harus memprioritaskan perhatian dan dukungan kepada orang tua, anak-anak, dan kerabat kita. Kita dapat mempertimbangkan bagaimana kita dapat membantu dan memperhatikan mereka dalam kehidupan sehari-hari.

Saudara sebagai orang Kristen kita diminta bukan hanya untuk memperhatikan kebutuhan orang-orang yang membutuhkan khususnya sesama anggota tubuh Kristus. Marilah kita belajar untuk memberikan perhatian kepada mereka, pikirkanlah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk dapat membantu dan menolong kebutuhan mereka.  Namun sebelum kita memperhatikan orang lain hendaklah kita juga memperhatikan anggota keluarga kita yang membutuhkan bantuan kita. khususnya orang tua kita yang sudah tidak lagi bekerja dan mendapatkan penghasilan karena kelemahan tubuh akibat sakit maupun akibat keterbatasan usia.

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah saudara sudah menjadi orang Kristen yang memperhatikan kebutuhan saudara seiman? Saudara marilah kita mengambil waktu sejenak untuk mendoakan hal tersebut. Berdoalah meminta anugerah Tuhan melalui Roh Kudus untuk memberikan kemampuan untuk dapat menjadi orang Kristen yang memperhatikan kebutuhan saudara seiman. Saudara marilah kita saling memperhatikan sebagai sesama anggota tubuh Kristus. (WN)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup