Penutup dan Salam

Rabu, 19 April 2023

Penutup dan Salam

Bacaan Alkitab : Kolose 4:7-18



 

Saudara dalam bagian penutup surat Kolose, Rasul Paulus menuliskan beberapa nama teman-teman sepelayanannya. Di sini Paulus menunjukkan rasa hormatnya pada mereka sekaligus disertai dengan pesan-pesan terakhir kepada jemaat di Kolose. Pertama, kepada Tikhitus dan Onesimus yang disebutnya sebagai saudara kekasih, hamba yang setia dan pelayan Tuhan. Rasul Paulus menceritakan keadaannya dalam surat yang di bawa oleh kedua saudaranya ini dan kemudian diberikan pada jemaat Kolose. Paulus juga menyampaikan salam dari ketiga teman sekerjanya, yaitu Aristarkhus, Markus dan Yesus yang disebut Yustus. Ia menceritakan bahwa mereka bertiga adalah sumber penghiburan bagi dirinya. Kemudian Paulus menyampaikan salam dari tiga temannya yang bukan Yahudi yaitu Epafras, Lukas dan Demas di mana mereka juga berdoa untuk jemaat di Kolose. Terakhir Rasul Paulus menyampaikan salam kepada jemaat di kota yang terdekat dengan kota Kolose yaitu jemaat Laodikia.

Saudara, melalui salam yang disampaikan Paulus pada beberapa teman pelayanannya dalam akhir surat ini maka kita dapat melihat bahwa Paulus memberikan teladan yang sangat baik bagi orang percaya. Paulus menunjukkan wujud dari persahabatan, kasih dan persaudaraan Kristen antara sesama orang percaya. Sikap inilah yang harus kita teladani dan praktekkan dalam hubungan kita dengan sesama pelayan Tuhan dan terhadap anggota jemaat lainnya. Mari kita selalu berusaha untuk saling mengasihi, mendoakan, menjalin persahabatan, memberi penghargaan terhadap rekan pelayanan dan sesama saudara seiman sebagai wujud kasih kita kepada mereka. 

Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, apakah kehadiran kita selama ini di antara rekan-rekan pelayanan atau sesama saudara seiman sudah mewujudkan sikap persahabatan, kasih dan persaudaraan Kristen? Jika belum. Maka mari renungkanlah bagaimana sikap saudara selama ini. Mari berdoa agar Tuhan mampukan saudara untuk menjadi orang percaya yang mempraktekkan kasih Kristus. Dan mari berdoa agar Roh Kudus memberikan kekuatan bagi saudara untuk untuk saling mengasihi, mendoakan, menjalin persahabatan, memberi penghargaan terhadap rekan pelayanan dan sesama saudara seiman lainnya. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup