Pelayanan Paulus di Tesalonika

Jumat, 21 April 2023

Pelayanan Paulus di Tesalonika

Bacaan Alkitab : 1 Tesalonika 2:1-12

 


Saudara, dalam perikop ini sekali lagi Paulus menunjukkan bahwa pelayanan yang lakukan selama ini bukanlah untuk mencari keuntungan. Sebab dalam memberitakan Injil pun ia telah mengalami banyak penganiayaan dan kesulitan. Itu pula yang ia alami ketika memberitakan Injil di Tesalonika. Namun meskipun demikian, Tuhan menganugerahkan kekuatan baginya Tuhan untuk tetap setia dan bertahan dalam pelayanan. Rasul Paulus pun bersukacita karena pelayananya di Tesalonika tidaklah sia-sia sebab di sana Injil dapat diterima (ay. 1-2). Paulus menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena ia memberitakan Injil dengan maksud yang murni, tanpa tipu daya apalagi motivasi tersembunyi. Ia memberitakan Injil kepada mereka karena Allah lah yang telah mempercayakan tugas itu kepadanya. Apa yang ia lakukan dengan susah payah bukanlah untuk mencari pujian, keuntungan tapi semata-mata untuk menyenangkan hati Tuhan (ay. 4-6). Ia melayani dan mengajar jemaat dengan penuh kasih, kelemah-lembutan dan rela berbagi seperti seorang ibu dalam mengasuh anak-anaknya. Ia juga seperti seorang ayah yang dengan tekun menasihati anaknya satu per satu agar mereka bertekun dalam kebenaran Firman Tuhan.

Saudara, dalam pelayanannya rasul Paulus memberikan teladan yang sangat baik bagi kita dalam melayani Tuhan. Pertama kita perlu menyadari bahwa jika kita diberi tanggung jawab untuk melayani maka itu semua karena Tuhanlah yang memanggil dan mempercayakan tugas pelayan tersebut kepada kita. Kesadaran akan panggilan Tuhan inilah yang akan mendorong kita untuk melayani dengan tulus dan bukan untuk mencari keuntungan atau bahkan penghargaan dari orang lain. Marilah kita berusaha untuk memakai setiap kesempatan yang ada untuk melayani Tuhan dengan segenap hati. Sehingga pelayanan yang kita lakukan dapat mempermuliakan Tuhan dan menjadi berkat bagi banyak orang.


        Saudara marilah mengambil waktu sejenak untuk merenungkan Firman Tuhan yang baru saja kita dengar. Saudara, pelayanan apa sajakah yang sedang saudara lakukan saat ini? Mari doakan setiap pelayanan yang sedang saudara lakukan saat ini. Mintalah agar Tuhan memampukan saudara untuk menyadari bahwa Tuhanlah yang memanggil dan mempercayakan tugas pelayan tersebut kepada saudara. Dan mari berdoa agar Tuhan memberi saudara kemampuan untuk selalu melakukan semua pelayanan tersebut dengan tulus di hadapan-Nya. (MS)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gembalakanlah Kawanan Domba Allah

Abram dan Lot Berpisah (2)

Penutup